Persib vs Arema

Skema False Nine Persib Tak Berjalan Mulus

Roni Kurniawan    •    18 Februari 2019 22:38 WIB
arema malangpersib bandungPiala Indonesia
Skema <i>False Nine</I> Persib Tak Berjalan Mulus
Miljan Radovic. (Foto: Antara/Agus Bebeng)

Pelatih Persib Miljan Radovic mengaku kesulitan dengan absennya Ezechiel N'Douassel saat laga kontra Arema. Alhasil, Persib memainkan skema false nine yang diakuinya kurang efektif.

Bandung: Persib Bandung bermain tanpa stiker murni pada menit awal laga melawan Arema FC di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin 18 Februari 2019. Formasi false nine pun diterapkan Persib seiring absennya Ezechiel N'Dousell.

Pelatih Persib, Miljan Radovic mengaku harus menggunakan strategi false nine karena hanya memiliki stok satu pemain berposisi sebagai striker murni yakni Muchlis Hadi yang baru dimainkan pada babak kedua. Bahkan sejak babak pertama, para pemain Persib pun bergantian untuk berada di ujung tombak seperti Kim Jeffrey Kurniawan, Esteban Viscara, Febri Hariyadi dan Srdan Lopicic.

"Hari ini kita main taktik yaitu false nine. Kita cari opsi karena beberapa pemain bisa selalu ganti posisi," kata Radovic usai laga.

Baca: Piala Indonesia: Persib Ditahan Imbang Arema FC

Namun, Radovic pun memahami strategi tersebut tak membuahkan hasil yang sempurna. Bahkan Persib kesulitan untuk melakukan penyelesaian akhir meski mendapat peluang emas mencetak gol. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi Radovic untuk memperbaiki strategi tersebut.

"Kita punya ide itu bagus, tapi itu sepak bola," sambungnya.

Akan tetapi, Radovic yakin pada leg kedua di Malang nanti akan mendapatkan hasil positif, terlebih dua pemain pilar yang absen Supardi Nasir dan Ezechiel N'Dousell dipastikan akan bermain.

"Saya pikir besok di Malang lebih bagus. Beberapa pemain sudah kembali," tutur Radovic. 

Video: Legenda Liverpool Bicara Nostalgia Istanbul


(ASM)