Polemik Pengaturan Skor Sepak Bola

Penetapan Tersangka Jokdri Bukan Intervensi Pemerintah

Rendy Renuki H    •    22 Februari 2019 21:13 WIB
pssiPengaturan Skor Sepak BolaJoko Driyono
Penetapan Tersangka Jokdri Bukan Intervensi Pemerintah
Semenpora Gatot Dewa Broto angkat bicara soal penetapan Joko Driyono sebagai tersangka kasus pengaturan skor (Foto: medcom.id/Rendy Renuki H)

Menurut Gatot, penetapan Jokdri sebagai tersangka sepenuhnya keputusan Satgas Antimafia Bola yang bekerja sesuai dengan bukti yang ada. Bukan karena ada intervensi dari pemerintah.

Jakarta: Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono masih menjalani proses pemeriksaan oleh Satgas Antimafia Bola dengan status tersangka. Teranyar, pria yang karib disapa Jokdri itu baru selesai diperiksa, Jumat 22 Februari pagi.

Ia menjalani pemeriksaan oleh Satgas selama 22 jam sejak Kamis 21 Februari pukul 10.00 WIB. Ia pun masih akan menjalani pemeriksaan lanjutan oleh Satgas pada Rabu 27 Februari mendatang.

Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto, mengatakan penetapan tersangka Jokdri bukan bentuk intervensi pemerintah. Ia menilai jika Satgas melakukan pekerjaannya secara berimbang terkait kasus pengaturan skor.
 

Baca: Nama IB Disebut Terlibat Pengaturan Skor, CEO Arema Angkat Bicara


"Kemenpora sejak awal mendukung kinerja Satgas. Saya pribadi sudah dua kali diperiksa," kata Gatot saat ditemui awak media di kantornya, Jumat 22 Februari.

"Poinnya adalah pemerintah tidak mengintervensi. Kami tidak ada tujuan untuk meminta polisi menjadikan Pak Joko tersangka. Itu murni pihak penegak hukum bekerja secara profesional," sambungnya.

Meski demikian, Gatot tetap mengapresiasi sikap yang ditunjukkan Jokdri. Pasalnya, setelah dua kali menjalani pemeriksaan sebagai tersangka, Jokdri masih tetap kooperatif memenuhi undangan Satgas untuk diperiksa.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Joko Driyono karena sangat kooperatif sekali ketika dipanggil. Setiap Pak Joko dipanggil pihak Satgas, beliau selalu datang dan itu hal yang positif. Dalam artian, semoga persoalan yang menjadi perhatian kita bersama itu bisa terkuak," pungkasnya.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Janji Jokdri untuk PSSI




(ACF)