Profil Tim Dream League U-16 dan U-19

Zayfa Pemuda Jaya Siap Unjuk Gigi di Dream League U-16 & U-19

Alfa Mandalika    •    30 November 2016 15:10 WIB
dream league u-16 & u-19
Zayfa Pemuda Jaya Siap Unjuk Gigi di Dream League U-16 & U-19
Zayfa Pemuda Jaya FC. (Foto: Ist)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidak lama lagi perhelatan kompetisi usia muda U-16 dan U-19 bertajuk Dream League akan dihelat. Ajang yang digagas Persija Barat FC dengan Metrotvnews.com akan dihelat pada Januari 2017.

Salah satu tim yang akan ikut komeptisi Dream League ialah Zayfa Pemuda Jaya Football Club. Bermarkas di Lapangan Sepak Bola GOR Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, mereka siap unjuk gigi di kompetisi yang akan dihelat selama 10 bulan (Januari - Oktober 2017).

Sebenarnya, nama asli dari klub Zayfa Pemuda Jaya FC hanya Pemuda Jaya. Awalnya, Pemuda Jaya merupakan organisasi kepemudaan yang berdiri sejak 1959. Namun, pada 1970an mereka fokus menjadi tim sepak bola.

"Pemuda Jaya berdiri pada 1959 sebagai organisasi kepemudaan dan untuk mengisi kemerdekaan. Dari 1959 sampai 1970 mereka merupakan organisasi kepemudaan yang melakukan tindakan positif. Baru pada 1970an sampai sekarang berubah fokus untuk sepak bola. Karena ketika itu, olahraga yang populer adalah sepak bola," kata ketua Zayfa Pemuda Jaya FC, Zaenal Abidin ketika berbincang dengan Metrotvnews.com, Rabu (30/11/2016).


Baca: Sentul United Football Academy, Wadah Pembinaan Pesepak Bola Muda 


"Awalnya didirikan oleh almarhum Drs. H. Suhaibin Sidi dan Saleh Soeradisastra namanya Pemuda Jaya. Lalu pada 1970an fokus pada bidang sepak bola. Pemuda Jaya menjadi salah satu cikal bakal berdirinya Persija Jakarta. Nah, setelah itu Pemuda Jaya menjadi anggota dari Persija. Pada tahun 1976, Persija terbagi menjadi tiga. Para pemain Pemuda Jaya juga menghuni ke tiga klub tersebut. Ada Persija Pusat, Persija Selbar (Selatan Barat), dan Persija Timur," tutur Zaenal.

"Pada 2000 awal pemain Pemuda Jaya yang ada di Persija bubar. Dan akhirnya hanya tinggal Pemuda Jaya yang ada di Jakarta Timur yang bertahan. Pada 1998, Pemuda Jaya mendaftarkan diri ke PSSI pusat. Pada saat itu, mengikuti divisi dua. Sejak 1999 - sekarang Pemuda Jaya mengikuti Divisi Liga Nusantara," paparnya.

Pemuda Jaya fokus juga pada pembinaan usia dini. Oleh karena itu, ditambahkan nama Zayfa yang merupakan singaktan Zainal Abidin Youth Football Academy.  

Khusus untuk kompetisi Dream League, mereka sudah mendaftar dan menyerahkan nama pemain U-19. Namun, untuk tim U-16 masih mendata beberapa nama dan sudah masuk 18 nama.

Baca: Sembilan Tim Sudah Pastikan Tampil di Dream League U-16 & U-19


Zainal mengatakan, program Zayfa Pemuda Jaya FC terbagi menjadi tiga. Ada youth basic, development basic, dan perfection youth football training.

"Kami fokus untuk program youth basic, development basic, dan perfection youth football training. Saat ini kita fokus menuju youth football training. Selain itu, kami menitikberatkan kepada passing dan support. Mudah-mudahan, ketika bertanding di Lapangan Cendrawasih Jakarta Barat kami bisa mengaplikasikan tentang passing dan support," tutur Zainal.

Zayfa Pemuda Jaya FC tidak hanya berada di Jakarta. Mereka juga mendirikan Diklat di Demak, Jawa Tengah. Di sana ada fasilitas mess hingga bekerja sama dengan sekolah setempat untuk anak-anak yang berminat pada sepak bola.

"Di Jakarta kandang home base utama di Pondok Bambu. Home base kami yang lain ada juga Diklat di Demak yang baru kita dirikan dalam satu tahun ini sejak tanggal Maret 2015. Kami memberikan pendidikan pelatihan sepak bola kelompok umur 13 - 20 tahun di Zayfa Semarang. Ada mess, fasilitas latihan dan bekerja sama dengan sekolah SMP 2 Demak dan SMA 1 Demak. Jadi, para pemain bisa berlatih dan mendapatkan pendidikan," jelas Zainal.

Profil tim:
Nama: Zayfa Pemuda Jaya FC:
Berdiri: 1959
Pendiri: (Alm) Drs. H. Suhaibin Sidi, MBA, H. Saleh Soeradisastra
Ketua: Zaenal Abidin

Tim pelatih untuk Dream League U-16 dan U-19
Pelatih: Muhammad Rafiq (Suriah) seminggu dua kali.
Asisten: Muhammad Yasin Arminto
Asisten: Ziladyudin Abas

Tim pelatih Diklat Demak
Pelatih: Yusuf Sutan Mudo
Asisten: Joko Puspito
Pelatih kiper: M. Yasir
Staff: Seto Satrio Wibowo, Damar Yuto.

Jadwal latihan:
Selasa  (16.00 WIB)
Rabu, Jumat (14.00 WIB)
Minggu (06.00 WIB)
Lokasi: Lapangan Sepak Bola GOR Pondok Bambu, Duren Sawit Jakarta Timur

Video: Timnas Indonesia Bersiap Hadapi Vietnam
 


(ASM)

Video /