FIFA: PSSI Ditangani oleh Orang yang Tepat

Gregorius Gelino    •    15 Desember 2018 09:17 WIB
liga indonesia
FIFA: PSSI Ditangani oleh Orang yang Tepat
Presiden FIFA, Gianni Infantino (AFP/Karim Jafaar)

Doha: Presiden FIFA, Gianni Infantino, melontarkan pujiannya kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Menurut mantan Sekjen UEFA itu, PSSI sudah ditangani orang-orang yang tepat.

"Presentasi yang bagus, ini pencapaian luar biasa. Sepak bola Indonesia memiliki visi yang jelas. Yang terpenting, anda menjalankannya dan membuat kemajuan. Tetap semangat, sepak bola Indonesia dikelola orang yang tepat. Saya harap kalian mendapatkan yang terbaik," kata Infantino di sela-sela Forum FIFA Executive Football Summits di Doha, seperti dilansir situs resmi PSSI.

Mirisnya, kondisi persepakbolaan nasional justru berbanding terbalik dengan yang dilontarkan Infantino. Orang-orang yang saat ini mengurus PSSI justru tengah dipertanyakan kredibilitasnya.

Baca juga: Presiden Diminta Turun Tangan Atasi Pengaturan Skor Sepak Bola

Serangkaian masalah klasik masih terus saja terjadi. Mulai dari kericuhan suporter yang berujung kehilangan nyawa, jadwal yang berantakan, pengaturan skor, hingga prestasi Tim Nasional yang begitu minim mencoreng wajah sepak bola Indonesia.

Belum lama ini, Indonesia dikejutkan dengan kasus kematian seorang suporter Persija Jakarta yang dikeroyok hingga tewas oleh oknum pendukung Persib Bandung. Haringga Sirla tewas di luar Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada 23 September lalu yang membuat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menghentikan kompetisi sepak bola di Indonesia selama dua minggu.

Selain itu, ada juga kasus mafia pengatur skor. Exco PSSI, Hidayat, bahkan mengundurkan diri karena diduga terlibat pengaturan skor pertandingan Liga 2 antara PSS Sleman melawan Madura FC. Imbasnya, Hidayat dihukum tidak boleh beraktivitas di sepak bola selama tiga tahun dan wajib membayar denda RP 150 juta oleh komisi disiplin PSSI.

Baca juga: Peneliti Kemenkumham: Pelaku Pengaturan Skor Bisa Dipidana

Belum lagi prestasi Timnas tak kunjung membaik. Ketua PSSI, Edy Rahmayadi, mencanangkan beberapa target, di antaranya adalah juara Piala AFF bagi Timnas Senior dan mencapai babak semifinal Asian Games kepada Timnas U-23. Sayangnya target tersebut gagal tercapai, bahkan Timnas Senior gagal lolos dari fase grup Piala AFF. Satu-satunya target PSSI yang tercapai adalah menjuarai Piala AFF U-16. 

Tak ayal, berbagai seruan yang meminta Edy mundur dari kursi kepemimpinan PSSI pun semakin lantang. Selain janji-janji yang tak terealisasi, rangkap jabatan yang dilakukannya membuat berbagai elemen sepak bola nasional semakin gerah karena saat ini Edy menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara dan juga pengurus klub PSMS Medan.

Video: Berantas Pengaturan Skor Sepak Bola

 


(ACF)


Video /