Liga 1 2018

PSSI Gelar Workshop terkait Lisensi Klub

Krisna Octavianus    •    10 April 2018 15:32 WIB
liga 1 indonesia
PSSI Gelar Workshop terkait Lisensi Klub
Tigor Shalomboboy (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)

Jakarta: PSSI kembali menggelar workshop licencing club untuk tim-tim Liga 1. Nantinya, semua tim di Liga 1 secara berkala harus mulai memerhatikan masalah lisensi klub.

Pada musim lalu, semua klub Liga 1 kelimpungan karena tidak memiliki lisensi klub yang berstandar Asia atau AFC. Alhasil, jelang berakhirnya kompetisi, PSSI menyatakan hanya ada lima tim yang mendapatkan lisensi, yakni Bali United, Persija, Persib, Arema, dan Madura United.

Itu berimbas pada wakil Indonesia di ajang Asia. Bhayangkara FC yang menjadi juara tidak bisa mewakili Indonesia karena tidak memiliki lisensi. Pun demikian dengan PSM Makassar.
 

Baca: Bek JDT Siap Hadapi 'Teror' Jakmania


Tidak mau kejadian itu berulang, PSSI akan memulai proses lisensi sejak awal musim. Dimulai dengan workshop yang diadakan di Hotel Grandkemang, Jakarta Selatan, hari ini, Selasa (10/4/2018).

"Ini adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh member asosiation untuk klub licensing sistem yang harus dilakukan setiap musim," ujar Tigor Shalomboboy kepada wartawan.

"Sebenarnya dari sisi regulasi tidak ada yang baru. Kita kan menggunakan regulasi AFC Champions League dan ini kesempatan untuk klub-klub baru. Karena kita menggunakan regulasi ini 2-3 tahun untuk konsistensi," lanjutnya.
 

Baca juga: Prediksi Manchester City vs Liverpool: Melukai The Citizens di Etihad


"Kalau kita lihat tahun pertama ada perubahan, baru kita naikkan kriteria, mungkin kita perlu untuk peningkatan perkembangan klub itu sendiri," sambung pria yang juga ditunjuk sebagai Manajer Licencing Club PSSI.

Sejauh ini, jumlah lima klub yang mendapat lisensi masih terbilang sangat sedikit. Berkaca pada Thailand, mereka sudah ada delapan tim yang punya lisensi standar Asia atau AFC Champions League. Jumlah kita juga kalah dari Singapura yang sudah memiliki enam tim dengan standar AFC Champions League.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Atlet Sepak Bola Putri Ikuti Ujian Nasional



(ACF)


Kepolisian Liverpool Dinilai Tidak Becus

Kepolisian Liverpool Dinilai Tidak Becus

9 hours Ago

Pengacara yang mewakili dua ultras Roma tersangka penganiayaan suporter Liverpool menyatakan ke…

BERITA LAINNYA
Video /