Indonesia vs Singapura

Singapura Tak Berdaya dengan Permainan Cantik Timnas U-16

Kautsar Halim    •    08 Juni 2017 23:52 WIB
timnas indonesia
Singapura Tak Berdaya dengan Permainan Cantik Timnas U-16
Jelang laga timnas U-16 vs Singapura. (Foto: Twitter)

Metrotvnews.com, Cikarang: Tim Nasional Indonesia U-16 (Timnas U-16) tampil menawan ketika menjamu Singapura pada  laga persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Rabu 8 Juni. Permainan menawan itu mereka sempurnakan dengan kemenangan empat gol tanpa balas.

Jalannya pertandingan hampir didominasi sepenuhnya oleh anak-anak asuh Fakhri Husaini. Singapura hanya mampu bertahan sambil sesekali melancarkan serangan balik yang kurang sempurna. Permainan dari kaki ke kaki, umpan-umpan pendek, dan aksi individu yang luar biasa merupakan senjata andalan timnas U-16 dalam laga ini.

Meski mampu mendominasi permainan, timnas U-16 hanya unggul 1-0 pada babak pertama. Gol pembuka itu lahir dari tendangan jarak jauh yang dilesakkan Brylian Negiehta Dwiki Aldama pada menit ke-24.


Klik: Indra Sjafri Ingin Timnas U-19 Dapat Lawan di Atas Level


Memasuki babak kedua, pelatih Fakhri Husaini memutuskan untuk melakukan rotasi pemain. Namun, itu dilakukan bukan untuk menurunkan ritme laga. Justru sebaliknya, timnas U-16 malah makin beringas dan mencetak tiga gol tambahan setelah rotasi pemain itu dilakukan.l

Gol kedua timnas U-16 lahir lewat Sukra Yatul Fajra pada menit ke-47. Prosesnya tidak kalah apik karena tercipta setelah memanfaatkan kesalahan bek Singapura. Kecepatan dan akurasi tembakan Sukra Yatul berhasil membuat Stadion Wibawa Mukti menggema ketika gol itu tercipta.

Unggul 2-0 tidak membuat timnas U-16 puas. Mereka masih tampil agresif dan tidak mau memberikan celah sedikit pun kepada Singapura. Saking agresifnya skema serangan itu, salah satu bek Singapura bahkan harus menjatuhkan Andre Oktaviansyah di area penalti.


Klik: Indonesia Permalukan Kamboja Lewat Laga Persahabatan


Pelanggaran tersebut membuat wasit menunjuk titik putih dan membuat Indonesia mencetak gol ketiga dengan mudah pada menit ke-57. Fadilah Nur Rahman yang ditunjuk sebagai algojo terlihat sangat percaya diri ketika mengeksekusi tendangan penalti.

Menginjak menit ke-75 giliran Yadi Mulyadi yang sukses mencetak gol keempat atau gol penutup bagi timnas U-16. Tendangan Yadi saat itu memang tidak keras, namun arahnya berhasil mengecoh kiper Singapura, Dylan Christopher.

Suasana laga timnas U-16 vs Singapura U-16. (Foto: Twitter)


Sejatinya, timnas U-16 masih sering mendapat peluang emas dalam sisa waktu yang tersisa. Namun, penyelesaian akhir yang mereka lakukan masih belum cukup baik. Skor 4-0 itu akhirnya bertahan hingga laga usai.

Ini merupakan kemenangan kedua timnas U-16 di laga uji coba internasional. Sebelumnya, mereka juga berhasil melumat Filipina dengan skor 4-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Mei lalu.

Setelah melawan Singapura, timnas U-16 akan tampil di tiga turnamen bergengsi, yakni Vietnam International U-15 Football Tournament Invitation 2017, Piala AFF U-16 2017, dan Kualifikasi Piala Asia U-16 2018.

Susunan Pemain

Indonesia: Ahludz, Liba, Reza, Amiruddin, Fadilah, Hamsa, Vedayanto, Brylian, Husyen, Alsyah, Bagus.
Cadangan: Havidz, Yudha, Aban, Rusadi, Septa, David, Rayhan, Rifki, Rendi, Yadi, Andre, Sukra.

Singapura: Dylan, Syafiq, Irfan, Fathullah, Nicky, Ryaan, Iman, Farhan Bin Zulkifli, Danish, Chua, Marc.
Cadangan: Jaron, Naufal, Farhan Bin Azman, Badrul, Suriya, Harraz, Izwan, Rukaifi, Ilhan, Rohin.




 


(KAU)

Video /