Jakmania Impikan Persija Jadi Klub Profesional

Rendy Renuki H    •    29 November 2018 12:16 WIB
persija
Jakmania Impikan Persija Jadi Klub Profesional
Ketua umum Jakmania Tauhid Indrasjarief (kiri) (Medcom.id/Rendy Renuki H)

Jakarta: Persija Jakarta merayakan hari jadi ke-90 tahun mereka, Rabu 28 November kemarin. Pendukung Persija, Jakmania, mengimpikan tim kesayangannya bisa menjadi klub profesional di usia tersebut.

Hal itu diungkapkan langsung Ketua Umum Jakmania, Tauhid Indrasjarief, saat merayakan HUT Persija di bilangan Duren Tiga, Jakarta Selatan tadi malam. Ia ingin klub berjuluk Macan Kemayoran bisa berdiri sendiri mengelola segala urusan, termasuk pemasukan finansial layaknya klub profesional.

"Harusnya sudah menjadi klub profesional secara utuh, utuh dalam artian benar-benar bisa mandiri. Manajemennya bagus, timnya rapi, dan pemasukan dari klub," kata pria yang karib disapa Bung Ferry. 

"Pemasukan kan biasanya dari merchandise, tiket pertandingan, dan hak siar TV. Tapi ada satu lagi sebenarnya yang belum terjangkau di Indonesia yaitu bank pemain," sambungnya.

Menurutnya, bank pemain sangat penting perannya untuk pemasukan klub. Pasalnya, jika memiliki bank pemain, Persija bisa melakukan transaksi jual-beli pemain tanpa harus melibatkan pihak ketiga seperti agen pemain.

"Jadi saya berharap Persija bisa jadi pelopor. Punya pemain yang dikontrak panjang dan kemudian bisa jual-beli pemain," pungkas Ferry.

 


(REN)