Jelang PSS vs PSIM

Polda DIY Siapkan Pengamanan Derbi Yogya Jilid II

Ahmad Mustaqim    •    04 Oktober 2018 22:06 WIB
bolaliga 2 indonesia
Polda DIY Siapkan Pengamanan Derbi Yogya Jilid II
Ilustrasi (Istimewa)

Yogyakarta: Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta akan mempersiapkan pengamanan pada derbi Yogyakarta jilid II antara PSS Sleman melawan PSIM, Rabu 10 Oktober 2018.

PSS akan bertindak sebagai tuan rumah di Stadion Maguwoharjo Sleman di pekan ke 21 Liga 2 Indonesia 2018. Pertemuan jilid II kedua tim diperkirakan bertensi tinggi, seperti derbi pertama di Stadion Sultan Agung, Juli lalu. 

"Kami siap melakukan pengamanan. Tapi kami juga minta komitmen kedua tim maupun suporter untuk laga nanti," kata Kepala Bidang Humas Polda DIY AKBP Yuliyanto, saat dihubungi, Kamis 4 Oktober 2018. 

Baca juga: Pemerintah tak Campuri Sanksi Persib

Pada pertandingan 26 Juli lalu, tensi di dalam dan luar stadion memang tinggi. PSIM saat itu mengalahkan PSS 1-0.

Saat itu, beberapa kali terjadi gesekan kedua suporter di dalam stadion. Bahkan terjadi pengeroyokan terhadap seorang suporter bernama Muhammad Iqbal Setyawan. 

Iqbal yang warga Dusun Balong, Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, akhirnya meninggal pasca-pengeroyokan itu. Enam orang telah dijadikan tersangka. 

Baca juga: Sanksi untuk Persib Bandung Dinilai Sudah Tepat

Yuliyanto mengatakan, aparat berencana mempertemukan perwakilan kedua tim dan suporter. Selain itu komitmen menjaga situasi dan kondisi, juga untuk memetakan pola pengamanan. 

"Jumlah personel (yang akan diturunkan) tergantung) besarnya ancaman. Kami perlu analisa hal ini," katanya. 

Hingga pekan ke 19, PSS yang berjuluk Elang Jawa itu bercokol di puncak klasemen sementara Liga 2 wilayah timur dengan nilai 40. Tim kebanggaan warga Sleman ini sudah memastikan lolos ke babak delapan besar Liga 2. Sementara, PSIM calon lawan mereka, masih berada di peringkat enam dengan nilai 28.

Video: Suporter Bola di Indramayu Gelar Deklarasi Damai
 


(RIZ)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /