Indonesia Junior Soccer League 2017

Firman Utina Minta PSSI Perhatikan IJSL

Kautsar Halim    •    07 Agustus 2017 20:42 WIB
liga indonesiapssi
Firman Utina Minta PSSI Perhatikan IJSL
Firman Utina sedang mengawal skuat FU15 Bina Sentra. (Foto: MTVN/Kautsar)

Metrotvnews.com, Bogor: Mantan penggawa timnas Indonesia Firman Utina mengimbau PSSI untuk mendukung perhelatan Indonesia Junior Soccer League (IJSL). Menurutnya, banyak bibit muda berbakat yang bisa dibentuk dari kompetisi usia dini tersebut.

IJSL merupakan kompetisi sepak bola tahunan bagi anak-anak berusia 8, 10 dan 12 tahun. Kompetisi itu tergolong event akbar karena melibatkan ribuan anak dari wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Khusus tahun ini, peserta terjauh berasal dari Bandung dan Semarang.
 

Klik: Darius Sinathrya Dukung Buah Hati Tampil di IJSL


Selain masih aktif membela Sriwijaya FC, Firman juga punya kesibukan lain yang tak lepas dari sepak bola, yakni sebagai pelatih dan pemilik Sekolah Sepak Bola (SSB) FU15 Bina Sentra. Klub itu baru berdiri delapan bulan, namun sudah berani berpartisipasi di ajang IJSL U-10.  Firman Utina mengawal memantau permainan FU15 Bina Sentra. (Foto: MTVN/Kautsar)


Kehadiran Firman di IJSL terpantau Metrotvnews.com ketika sedang mengawal anak- anak asuhnya bertanding di Lapangan Sepak Bola Jakarta Japan Club Sports Community, Sentul City, Bogor, Jawa Barat, pada Minggu 6 Agustus. 

"IJSL adalah kompetisi yang sangat baik bagi pemain-pemain usia dini. Liga ini memang khusus terselenggara agar mereka bisa bebas berekspresi. Oleh karena itu, kami cukup berambisi bergabung di sini," kata Firman kepada Metrotvnews.com di sisi lapangan.
 

Klik: TC Hari Pertama, Timnas U-22 Hanya Berlatih Ringan


Firman melanjutkan, daya tarik IJSL terletak dari pengemasan kompetisi yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan anak-anak berusia dini. Regulasi itu di antaranya adalah tidak ada pelanggaran offside, ukuran lapangan yang tidak terlalu besar, dan jumlah pemainnya pun delapan lawan delapan.

"Peraturan itu sudah baik dan sangat benar dengan yang diajarkan dari kurikulum pembinaan usia dini. Kemudian wasit yang menjadi pengajar para pemain juga tidak membentak sedikit pun ketika ada pelanggaran," tambahnya. 

Kebersamaan Firman Utina dengan skuar FU15 Bina Sentra. (Foto: MTVN/Kautsar)


Lantaran sudah merasakan manfaatnya, Firman lantas menitip pesan kepada PSSI agar mendukung kompetisi IJSL. Menurutnya, jika mendapat perhatian lebih baik, IJSL bisa berperan penting untuk meregenerasi timnas Indonesia. 

"IJSL harus didukung, dirangkul dan sejalan dengan PSSI agar bisa terkontrol dengan baik. Anda lihat banyak pemain muda berbakat di sini, tapi sayang jika nasibnya hanya berakhir di IJSL," pungkas Firman.

Kerja sama resmi antara PSSI dan IJSL memang tidak ada. Namun secara tidak langsung, IJSL sudah membantu pelatih Fakhri Husaini membentuk timnas U-16. Itu diketahui karena salah satu bintang mereka Rendy Juliansyah pernah mengukir prestasi sebagai top skor IJSL bersama klub Asiop Apacinti.




(RIZ)

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool
Bursa Transfer Pemain

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool

1 day Ago

Juventus akhirnya menyatakan menyerah mengejar gelandang Liverpool Emre Can.…

BERITA LAINNYA
Video /