Jelang Kongres PSSI 2016

Kongres PSSI Bakal Dihelat di Jakarta

Alfa Mandalika    •    12 Oktober 2016 19:56 WIB
kongres pssi
Kongres PSSI Bakal Dihelat di Jakarta
Kantor PSSI. (Foto: Ant/ Hafidz Mubarak A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah terjadi perdebatan perihal lokasi Kongres PSSI, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan PSSI akhirnya mendapatkan titik temu terkait lokasi pelaksanaan kongres dengan agenda utama pemilihan kepengurusan baru periode 2016 - 2020 yaitu di Jakarta.

Keputusan tersebut didapat setelah ada pertemuan singkat antara Menpora Imam Nahrawi, Plt Ketua Umum PSSI Hinca Panjaitan, Sekjen PSSI Azwan Karim serta Komite Pemilihan PSSI Agum Gumelar di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu 12 Oktober.

"Pemerintah sebenarnya tetap berharap di Yogyakarta. Namun, setelah ada pertimbangan dan dasar kepentingan yang lebih besar maka kongres tetap berjalan sesuai jadwal. Bukan di Yogyakarta atau Makassar, tapi di Jakarta," kata Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S Dewa Broto usai pertemuan.

Menurut dia, sebelum ada keputusan tersebut antara Kemenpora dan PSSI sama-sama menyampaikan latar belakang kenapa kongres direkomendasikan di Yogyakarta. Begitu juga dengan PSSI yang sudah menetapkan lokasi kongres di Makassar.

"Pertemuan berlangsung dengan baik. Setelah menjelaskan masing-masing latar belakang, maka semuanya memahami," kata pria yang juga Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora itu.


Baca: Alasan PSSI Keukeuh Gelar Kongres di Makassar 


Dengan adanya keputusan ini diharapkan tidak ada lagi polemik. Namun demikian, meski sudah ada kesepakatan belum bisa sepenuhnya dijalankan oleh PSSI. Apalagi induk organisasi sepak bola Indonesia itu juga harus melakukan komunikasi ulang dengan AFC dan FIFA.

Menurut Sekjen PSSI Azwan Karim, dengan waktu yang ada pihaknya memang harus bergerak cepat karena persiapan di Makassar sebelumnya telah berjalan. Sebelum menentukan langkah, pihaknya terlebih dahulu mengomunikasikan hasil pertemuan dengan Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

"Tugas saya adalah mengomunikasi hasil pertemuan ini di ke Exco. Selanjutnya hasil ini akan dirapatkan kembali. Yang jelas, kami memang harus bergerak cepat," katanya usai pertemuan.


Baca: Exco: Persiapan Kongres PSSI di Makassar Mencapai 100 Persen


Terkait komunikasi ulang dengan AFC dan FIFA, kata dia, pihaknya menegaskan akan segera dilakukan. Pihaknya tidak ingin apa yang dilakukan berbenturan dengan aturan organisasi yang ada. Apalagi AFC dan FIFA sebelumnya dijadwalkan akan menghadiri Kongres PSSI di Makassar.

Jika dilihat dari tahapan yang akan dilakukan PSSI, keputusan terakhir bakal ada ditangan Exco, AFC dan FIFA. Hanya saja jika komunikasi terjadi deadlock maka peluang kongres diundur selama delapan pekan sesuai dengan statuta cukup terbuka. (Ant)

Video: Jerman tengah kembalikan performa pascakandas di semifinal Euro
 


(ASM)

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

27 minutes Ago

Dukungan untuk Timnas Indonesia yang akan berlaga melawan Thailand di partai puncak Piala AFF 2…

BERITA LAINNYA
Video /