Timnas U-19

Alasan PSSI Tunjuk Gonzales Sebagai Mentor timnas U-19

Patrick Pinaria    •    28 November 2017 12:55 WIB
timnas u-19
Alasan PSSI Tunjuk Gonzales Sebagai Mentor timnas U-19
Cristian Gonzales saat merayakan gol untuk Arema (Foto: ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Jakarta: Striker Arema FC Cristian Gonzales mendapat tugas dari PSSI untuk membantu Bima Sakti melatih timnas Indonesia U-19. Status striker naturalisasi Indonesia itu akan berperan sebagai mentor dalam kepelatihan skuat Garuda Muda.

PSSI punya alasan menunjuk Gonzales sebagai mentor timnas U-19. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha menilai Gonzales sebagai sosok tepat untuk memotivasi para pemain di era saat ini. 

Selain itu, Gonzales juga merupakan pemain yang bermain di era 2000-an. Karena itu, aksinya masih banyak dilihat para pemain muda saat ini.

"Agar sosok seperti Gonzales bisa membagi cerita, seperti apa yang mereka rasakan di lapangan. Sebelumnya, kami sudah sering menunjuk mentor seperti ini. Tetapi sifatnya sporadis. Terkadang, kami mendatangkan mentor lain," ujar Tisha.

Baca: Persija Resmi Rekrut 'Hanoman'


"Tetapi, kami sadar jarak mereka terlalu jauh. Mereka belum pernah melihat Bima Sakti dan Widodo di lapangan (sewaktu masih aktif bermain) karena terlalu jauh jaraknya," tambahnya.

Penunjukkan Gonzales membantu kepelatihan timnas U-19 sebelumnya disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi pada Kamis 23 November. Namun, saat itu, statusnya Gonzales masih belum ditentukan.

Bahkan, sejumlah media sudah mengabarkan akan menjadi asisten pelatih. Namun, status Gonzales akhirnya diklarifikasi Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono. Ia memastikan Gonzales akan mengemban tugas sebagai mentor. Sebab, Gonzales belum memiliki lisensi kepelatihan.
 

Baca juga: Sepeninggal Indra Sjafri, PSSI Pertimbangkan Pelatih Asing untuk U-19


"PSSI tetap harus menjaga standar coaching staf di timnas. Gonzales tidak dalam status asisten pelatih, tapi mendampingi, menjadi role model bagi pemain-pemain U-19, khususnya para striker," ujar Joko.

Gonzales saat ini masih berstatus striker Arema. Namun, masa depannya masih belum diketahui jelas karena belum ada pembicaraan mengenai perpanjangan kontraknya yang akan habis pada Februari 2018.

Video: ?Menengok Persiapan Wisma Atlet Kemayoran Jelang Asian Games 2018



(ACF)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

12 hours Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /