Persija vs Persib

Eks Wasit FIFA Asal Indonesia Komentari Laga Persija vs Persib

Gregah Nurikhsani Estuning    •    06 November 2017 13:35 WIB
wasitpersijaliga indonesiapersib bandung
Eks Wasit FIFA Asal Indonesia Komentari Laga Persija vs Persib
Suasana pertandingan Persija Jakarta kontra Persib Bandung. (Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Metrotvnews.com, Jakarta: Insiden walk out (WO) yang dilakukan Persib Bandung saat berhadapan dengan Persija Jakarta masih menyisakan persoalan rumit. Baik wasit dan pemain Persib punya justifikasi terkait sikap yang mereka tunjukkan di atas lapangan.

Kejadian tersebut berlangsung di pekan ke-33 Liga 1 Indonesia 2017 di Stadion Manahan, Solo. Wasit berlisensi FIFA asal Australia, Evans Shaun Robert menyudahi laga di menit 83 lantaran protes dari kubu Maung Bandung.

Itu bermula saat Vladimir Vujovic dikartu merah oleh Shaun karena tak terima dengan keputusan wasit. Protes berlebihan memaksa Shaun langsung mengeluarkan kartu merah. Tak pelak hal itu membuat geram pemain dan ofisial Persib, termasuk Umuh Muchtar, manajer Persib yang berada di bench.
 

Baca: Menang Kontra Persib, Pemain Persija Dapat Ekstra Libur


Vujovic yang sudah diberikan kartu merah tak kunjung keluar lapangan ditambah Umuh yang melakukan intervensi dari garis lapangan menjadi pemandangan aneh sore itu sebelum akhirnya Shaun meniup peluit panjang dan berjalan menuju lorong stadion.

Kekecewaan yang dialami Persib mungkin sudah menumpuk sejak babak pertama, yakni ketika sundulan Ezechiel N'Douasel getarkan gawang Andritany, kiper Persija, pada menit ke-27. Wasit tidak menganggap bola sudah lewati garis gawang meski dalam tayangan ulang jala gawang Andritany bergetar.

Purwanto, mantan wasit berlisensi FIFA yang dimiliki Indonesia ketika dihubungi Metrotvnews.com enggan mengomentari secara detail kinerja Shaun sebagai pengadil lapangan di laga tersebut. Ia cuma menyoroti hak dan kewajiban 22 pemain terhadap wasit, serta hak dan kewajiban dari wasit terhadap pertandingan yang dipimpinnya.
 

Baca: Komdis PSSI akan Cari Dalang yang Menyuruh Pemain Persib Mogok


"Kalau saya ditanya (soal pertandingan dan kinerja wasit), saya tidak tahu karena saya tidak lihat Persija-Persib itu, saya tahunya ada kabar wasit menghentikan pertandingan sebelum menit 90," ucap Purwanto membuka pembicaraan.

"Di sepak bola, semua punya hak. Mau meninggalkan, mau tidak main, mereka punya hak, tapi harus ada alasan. Ada aturan dan kewajiban, apa aturannya? Semua harus menghormati wasit," sambungnya lagi menegaskan.

"Kalau tidak mau main ya silakan, tapi risiko tanggung sendiri. Mereka punya hak, tapi punya kewajiban juga, semua harus taat pada wasit, itu ada di pasal 5," kata Purwanto mencontohkan.

Dalam pasal 5 Law of the Games, disebutkan jika wasit memiliki kekuasaan dan wewenang berupa memberikan teguran, peringatan, dan pengusiran. Selanjutnya wasit juga berhak menghentikan permainan untuk sementara dan seterusnya.
 

Baca: Persib Walk Out, Komdis PSSI Berhati-hati Mengambil Keputusan


"Hak wasit membubarkan pertandingan? Ya itu memang hak wasit, tapi dia juga pasti punya laporan, punya reportase, punya dasar, tapi yang paling penting dia pasti punya keyakinan dan dia tegas itu. Soal gol, dia yakin lewat pengamatan bahwa itu tidak gol, dibantu juga dari pengamatan asisten wasit," tandas Purwanto mengenai keputusan wasit mengakhiri pertandingan dan gol yang dianulir.

"Kalau mereka (Persib) meninggalkan karena kecewa keputusan wasit ya salah, wong dalam pasal 5 itu jelas, harus taat pada wasit. (pertandingan) Mau diakhiri menit 70 misalnya, ya hak wasit."

"Mereka pasti punya alasan. Tanya ke federasi sana, wasit itu harus membuat laporan, kenapa ada kartu merah ini, kenapa menghentikan pemain, dan lain sebagianya, itu kan wasit punya alasan. Dia itu wasit FIFA, dia punya dasar hukum yang kuat," jelas Purwanto.


(ASM)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

15 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /