Jack Brown, Calon Penggawa Indonesia U-19 yang Pernah Dipuji Sir Alex Ferguson

A. Firdaus    •    11 April 2017 21:00 WIB
timnas indonesia
Jack Brown, Calon Penggawa Indonesia U-19 yang Pernah Dipuji Sir Alex Ferguson
Jack Brown (MTVN - A Firdaus)

Metrotvnews.com: Suasana seleksi Tim Nasional Indonesia U-19 yang dipimpin Indra Sjafri di lapangan Atang Sutresna pada Kamis 5 April, agak sedikit berbeda dari biasanya. Kala itu, seleksi diikuti oleh 14 pesepak bola asal Indonesia yang bermain di luar negeri. Mereka berlatih terpisah dari 21 pemain lokal yang sudah dipanggil Indra.

Sebenarnya ada 17 pemain yang didaftarkan untuk mengikuti seleksi. Namun tak semuanya datang. Andri Syahputra, Sammuel Christianson, dan Syahrian Abimanyu berhalangan sehingga tak jadi ikut serta.



Dari 14 pemain yang ada, Jack Brown paling menarik perhatian. Ia memiliki skill di atas rata-rata dan tampil impresif selama seleksi.

Lalu bagaimana cerita Jack bisa sampai memilih untuk menimba ilmu sepak bola di luar negeri lalu memenuhi panggilan Indra Sjafri untuk membela negara?

Jack merupakan bocah asal Indonesia yang pernah mendapat penghargaan ketika ikut World Skills Final Manchester United Soccer Schools di Stadion Old Trafford pada 2012. Ketika itu, kualitas Jack dipuji oleh manajer legenda MU, Sir Alex Ferguson.

"Saya diberi tawaran untuk bermain di MU. Ferguson yang memberikan tawaran tersebut. Tapi saya masih di Dubai ketika itu. Jadi terlalu jauh buat saya untuk tinggal di Inggris," ujar Jack.

Jack baru berusia 10 saat tawaran dari Ferguson datang. Ia merasa masih belum saatnya jauh dari orang tua yang menetap di Dubai. 

PERAN KAKAK
Jack merupakan anak kedua dari pasangan Lance Brown dan Indah Brown. Bakatnya dibidang sepak bola muncul berkat bantuan sang kakak, George Brown. Halaman depan rumah menjadi tempat yang digunakan George untuk melatih kemampuan Jack mengolah si kulit bundar. Selain itu, Brown bersaudara juga kerap mengikuti Football Summer Camp di Inggris maupun di Indonesia setiap liburan musim panas.



"Saya sering dilatih bermain bola oleh kakak saat kecil. Setelah itu, mama memberikan saya kesempatan untuk berlatih di akademi sepak bola di Dubai," terangnya.

Di lapangan, Jack memilih tugas sebagai striker. Kadang, Jack bermain lebih melebar sebagai seorang winger. Sedangkan George bermain sebagai fullback kanan. 

Lambat laun bakat Jack tercium oleh pelatih Indra Sjafri. Kesempatan untuk ikut seleksi timnas U-19 akhirnya diberikan oleh mantan pelatih Bali United tersebut kepada Jack.

"Mama mendapat email dari coach Indra. Saya senang bisa dipanggil. Saya senang bisa membela timnas Indonesia. Semoga saya bisa lolos seleksi ini," harap Jack yang sempat memperkuat akademi Ipswich Town.

Jack sedang merajut asa. Harapannya membela Garuda Muda akan terjawab pada 11 April. Pada momen itu, Indra Sjafri akan mengumumkan 32 pemain yang bakal dipersiapkan Indonesia di Piala AFF U-18 September mendatang.


(HIL)

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang
Jelang Manchester City vs Napoli

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang

8 hours Ago

Meski laga melawan City menjadi pertarungan penting, Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis just…

BERITA LAINNYA
Video /