Kongres PSSI 2016

FIFA Setuju Kongres PSSI Ditunda

Krisna Octavianus    •    15 Oktober 2016 11:00 WIB
kongres pssi
FIFA Setuju Kongres PSSI Ditunda
Suasana Kongres Luar Biasa PSSI pada 3 Agustus di Jakarta (Foto: MI/ARYA MANGGALA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kongres PSSI yang rencananya akan berlangsung pada 17 Oktober 2016 di Makassar ditunda dan jadi dihelat pada 10 November. Itu tertuang dalam surat FIFA kepada Kemenpora yang ditujukan kepada Gatot S Dewa Broto, Jumat 14 Oktober malam.

Sebelumnya, masalah tempat menjadi sesuatu yang krusial karena Kemenpora dan PSSI tidak sepakat soal kota penyelenggaraan. PSSI tetap ingin berlangsung di Makassar, sedangkan Kemenpora merekomendasikan Yogyakarta atau Jakarta.

Hal itu membuat Kemenpora mengirim surat kepada FIFA untuk meminta petunjuk soal kongres. FIFA pun membalas surat itu dan menginformasikan kepada Kemenpora bahwa Komite Eksekutif PSSI telah menginformasikan soal mundurnya waktu pelaksanaan kongres.

Dalam surat itu, tertulis: "Dalam konteks ini, kami menginformasikan permintaan komite eksekutif PSSI yang menunda kongres, dari yang awalnya dijadwalkan pada 17 Oktober, dan akan ditunda sampai 10 November di ibu kota Jakarta sebagai gantinya."

Dalam surat itu FIFA menyatakan pada 10 November adalah waktu yang tepat dan masuk akal untuk mengurus perpindahan tempat dan logistik. 

Sementara itu, Kemenpora melalui rilisnya mengaku senang dengan balasan surat dari FIFA. Kemenpora mengamini pernyataan FIFA yang menyebut 10 November waktu yang pas, karena bertepatan dengan Hari Pahlawan. PSSI diimbau untuk tidak memundurkan waktu kongres, sesuai statuta delapan pekan sejak 17 Oktober.

"Terhadap isi surat FIFA tersebut, Kemenpora menyambut gembira dan mendukung sepenuhnya langkah-langkah yang telah dan akan diambil oleh FIFA," demikian pernyataan dalam rilis Kemenpora.

"Sejak semula, saat Kemenpora menerbitkan rekomendasi Kongres PSSI yang menunjuk Yogyakarta untuk kongres pada 9 September 2016, Kemenpora merasa yakin itu bukan bentuk intervensi pemerintah. Itu hanya sebagai tanggung-jawab pemerintah agar PSSI bersama-sama pemerintah menata kembali PSSI dari kota di mana PSSI pernah lahir. Demikian pula ketika pada 12 Oktober 2016 Menpora bersama Plt Ketua Umum PSSI, Sekjen PSSI, dan Ketua Kehormatan PSSI bersepakat agar rekomendasi Menpora akhirnya direncanakan untuk Jakarta atas dasar kepentingan yang lebih besar dari pada memperdebatkan antara Makassar dan Yogyakarta, maka Kemenpora pun juga merasa yakin bahwa itu bukan bentuk intervensi."

"Keyakinan ini terbukti saat surat FIFA tertanggal 14 Oktober 2016 tersebut diterima, karena FIFA tidak menegur pemerintah, sehingga menjadi kewajiban pemerintah juga untuk menjaga hubungan baik dengan FIFA. Dan harus diingat bahwa 10 November 2016 merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia: Hari Pahlawan. Sehingga tidak perlu diundur delapan minggu berikutnya sebagaimana disebutkan oleh PSSI dalam Statuta PSSI. Serta yang juga penting, FIFA tidak mempersoalkan pilihan Jakarta sebagaimana diusulkan oleh Menpora dan dituangkan dalam rekomendasinya."

Berikut surat FIFA untuk Kemenpora:



(AHL)

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

25 minutes Ago

Dukungan untuk Timnas Indonesia yang akan berlaga melawan Thailand di partai puncak Piala AFF 2…

BERITA LAINNYA
Video /