Liga 2 Indonesia 2017

Sempat Unggul, PSS Sleman Tumbang di Kandang

Ahmad Mustaqim    •    02 Oktober 2017 18:36 WIB
liga 2 indonesia 2017
Sempat Unggul, PSS Sleman Tumbang di Kandang
Suasana pertandingan PSS Sleman vs PSPS Pekanbaru pada lanjutan babak 16 besar Liga 2 (Foto: MTVN/Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Sleman: PSS Sleman harus menelan pil pahit saat menjalani laga keempat babak 16 besar grup A Liga 2. Bermain di Stadion Maguwoharjo Sleman, Yogyakarta pada Senin, 2 Oktober 2017, PSS tunduk 3-2 atas PSPS Riau. 

Dua gol PSS dicetak Imam Bagus (menit 37) dan Mahadirga Lasut (menit 54). Tiga gol balasan PSPS dicetak Firman Septian (menit 60) dan Riki Dwi Saputro (menit 72 dan 89). 

PSPS terlihat bermain lebih baik pada awal babak pertama. Sejumlah umpan kerja sama tim asal Riau ini bisa merepotkan barisan belakang PSS. Sepakan jarak jauh Fiwi Dwipan menit kedua hampir membuka keunggulan PSPS. Beruntung, kiper PSS Syahrul Trisna dengan cekatan menepis tembakan Fiwi. 

Selepas serangan itu, kedua tim terlihat kesulitan menembus barisan belakang masing-masing. Baik tuan rumah PSS maupun PSPS terkesan bermain sangat hati-hati. 

PSS mendapat peluang pada menit 23. Sayangnya, peluang lewat tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan PSPS itu gagal dikonversi menjadi gol. 

PSPS ganti menekan pada menit 30. Pemain depan PSPS, Herman Dzumafo yang menyisir dari sisi pinggir lapangan dan berhasil mengelabuhi pemain belakang PSS. Hanya saja, tembakan menyisir tanah Herman melenceng di sisi kiri gawang PSS. 
 

Baca: PSS Sleman Janji Fokus di Menit Akhir Laga


PSS berhasil unggul 1-0 lewat gol Imam Bagus di menit 37. Mengecoh tiga pemain belakang PSPS di titik dua belas, sepakan terukur Imam merobek gawang PSPS. 

PSS terus memberikan tekanan ke pertahanan PSPS. Tekanan bertubi-tubi itu dilancarkan baik dari sisi kanan maupun kiri pertahanan PSPS. 

Peluang PSS menambah keunggulan hadir pada menit 44, setelah pemain belakang PSPS melanggar Busari. Mahadirga Lasut yang menjadi eksekutor tendangan bebas tak mampu menaklukkan kiper PSPS. 

Pada interval kedua, PSPS ganti mengendalikan ritme pertandingan. PSPS harus kembali kebobolan pada menit ke 54 lewat sepakan penalti Mahadirga Lasut. Praktis, PSS Sleman unggul 2-0. 

Hal yang dikhawatirkan pelatih PSS, Freddy Muli akhirnya terjadi. Pada 30 menit akhir babak kedua, PSS kedodoran mengantisipasi serangan PSPS. Para pemain PSS yang seperti kehilangan fokus langsung dimanfaatkan PSPS. 

Petaka bagi PSS hadir di menit 60. PSPS berhasil memperkecil kedudukan lewat gol Firman Septian. PSS 2, PSPS 1. 

Dua belas menit berselang, PSPS mampu mengimbangi PSS. Riki Dwi Saputro yang turun sebagai pemain pengganti PSPS mencetak gol dari luar kotak penalti. Skor berubah 2-2. 

Riki benar-benar menjadi mimpi buruk PSS. Pemain bernomor punggul 17 ini mencetak gol indah pada menit 84. Berawal dari kemelut di area pertahanan PSS, Riki dengan mengejutkan melakukan tendangan tiang jauh ke sudut kanan gawang PSS. PSPS berbalik unggul 3-2 atas PSS. 

Di sisa waktu pertandingan, PSS gagal menyeimbangkan margin skor meski terus menyerang. Hingga peluit akhir berbunyi, PSS kalah 3-2 atas PSPS. 
 

Baca juga: Pelatih MU Pede Sabet Juara Liga 1


Pelatih PSPS, Philep Hansen Maramis mengaku puas dengan penampilan timnya. Ia menilai PSS Sleman adalah tim bagus dan sulit dikalahkan di kandang. 

"Sleman susah dikalahkan di kandang. Ternyata anak-anak bisa bermain dengan maksimal. Main bola itu waktu. Jika belum 90 menit, belum selesai," ujarnya.  

Pelatih PSS Freddy Muli meminta maaf kepada suporter dan manajeman atas kekalahan itu. Ia menyatakan kekecewaan pasti dirasakan seluruh pendukung PSS. 

"Kecewa pasti. Kita berusaha untuk bangkit lagi di pertandingan selanjutnya. Pemain sudah berjuang mati-matian," katanya. 

Dengan hasil ini PSS kini berada di dasar klaseman grup A babak 16 besar Liga 2. Di sisi lain, Cilegon United berhasil menundukkan Persis Solo 2-0.

Video: Data & Fakta Menarik Gelaran Formula 1 GP Malaysia
 


(ACF)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /