Piala AFF U-15

Pemain Terbaik Timnas U-16 di Turnamen Vietnam Batal Tampil di Piala AFF

Kautsar Halim    •    06 Juli 2017 22:36 WIB
timnas indonesiapiala aff u-15
Pemain Terbaik Timnas U-16 di Turnamen Vietnam Batal Tampil di Piala AFF
Hamsa Lestaluhu (mengggunakan tongkat) ikut berfoto dengan penggawa Timnas U-16 yang akan berangkat ke Thailand untuk tampil di Piala AFF U-15 (Foto: MTVN/Kautsar Halim)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nasib nahas menimpa Hamsa Lestaluhu yang merupakan salah satu pemain inti timnas U-16. Ketika rekan-rekannya berangkat ke Thailand untuk melakoni Piala AFF, ia malah harus beristirahat untuk merawat cederanya.

Hamsa mengalami cedera ketika membantu timnas U-16 melakoni laga uji coba kontra Bina Mutiara dan Askot Persija Pusat beberapa hari lalu. Cedera tersebut menyerang ACL (Anterior Cruciate Ligament) hingga ia kesulitan untuk menggerakkan lutut kanan.

"Berdasarkan informasi dari dokter setelah melihat hasil MRI. Ternyata ada masalah di ACL (ligamen lutut). Dengan begitu, artinya Hamsa tidak memungkinkan untuk tampil di Piala AFF U-15," kata pelatih Fakhri Husaini usai latihan terakhir timnas U-16 di Lapangan Sepak Bola Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis, (6/7/2017).
 

Baca: Lepas Timnas U-16 ke Piala AFF, Ketum PSSI Ibaratkan Perang


Hamsa bisa dikatakan sebagai salah satu penggawa kunci timnas U-16. Itu bisa terbukti ketika ia dinobatkan menjadi pemain terbaik saat Garuda Asia menjuarai turnamen Plastic Cup 2017 di Vietnam beberapa waktu lalu.
 
Meski begitu, absennya Hamsa tidak menciutkan optimistis Fakhri untuk mengantarkan timnas U-16 menjadi juara di Piala AFF 2017. Mantan penggawa timnas itu mengaku timnya tetap kuat tanpa Hamsa.

"Hamsa pemain penting bagi kami. Tapi jika begitu tentu saja saya mengecilkan peran 10 pemain lainnya. Saya yakin siapapun pengganti Hamsah tidak akan mengurangi kekuatan kami," kata Fakhri.
 

Baca juga: Ketum PSSI Pantau Langsung Latihan Terakhir Timnas U-16
 

Hamsa tidak sendirian menjadi pemain yang tidak dimasukkan Fakhri dalam skuat Piala AFF 2017. Pasalnya, regulasi turnamen hanya memperbolehkan membawa 23 pemain. Oleh karena itu, masih ada Sakra Yatul Fajra, Rayhan A. Syahputra, dan Aban Yudhistira yang dipastikan tidak bermain.

Meski tidak dimainkan, tiga pemain itu diinformasikam Fakhri untuk tetap berangkat ke Thailand dan memberikan dukungan secara langsung kepada rekannya. Namun, mereka baru bisa berangkat di waktu yang berbeda bersama ofisial tim. Sementara itu, 23 pemain timnas U-16 akan terbang dari Jakarta menuju Thailand pada Jumat 7 Juli besok.

Video: Malaysia Ubah Mekanisme Drawing Grup SEA Games 2017
 




(ACF)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

7 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /