Liga 1 Indonesia 2018

Buntut Ulah Suporter, Arema Bakal Dapat Sanksi dari PSSI

Patrick Pinaria    •    07 Oktober 2018 18:21 WIB
liga 1 indonesia
Buntut Ulah Suporter, Arema Bakal Dapat Sanksi dari PSSI
Situasi saat para suporter menerobos masuk lapangan saat pertandingan antara Arema kontra Persebaya (Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto)

Jakarta: Arema FC akan mendapatkan sanski dari Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) usai menghadapi Persebaya Surabaya pada pekan ke-24 Liga 1 Indonesia 2018, Sabtu 6 Oktober. Induk sepak bola Tanah Air tersebut berjanji akan menjatuhkan sanksi itu karena aksi tidak terpuji suporter pada laga tersebut.

Terdapat beberapa perbuatan tidak terpuji yang dilakukan para suporter sepanjang pertandingan. Di antaranya adalah meneriakan cacian hinaan dan menerobos masuk ke lapangan saat turun minum dan beberapa waktu setelah babak kedua berakhir.

PSSI pun langsung tidak tinggal diam usai mendengar insiden tersebut. Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono memastikan akan mengirimkan tim pemantau untuk mengusut tuntas kasus tersebut agar bisa menjatuhkan sanksi untuk Arema.

Baca: 9 Fakta Menarik Jelang Liverpool vs Manchester City

"Pada laga ini, PSSI menurunkan tim pemantau yang melihat langsung terjadinya beberapa pelanggaran. Hasil laporan tim ini melengkapi laporan pengawas pertandingan dan akan menjadi refrensi sidang Komite Disiplin dalam menjatuhkan sanksinya. PSSI berkomitmen untuk menjaga dan mengawal penegakan hukum sepak bola," tegas Joko di situs resmi PSSI, Minggu (7/10/2018).

"Pasca penghentian sementara kompetisi,  PSSI telah meminta operator liga dan klub untuk lebih memperhatikan prosedur penyelenggaraan pertandingan. Kami juga telah mengingatkan, untuk menjaga para suporter agar tidak bertindak dan membawa spanduk yang sifatnya rasis dan provokatif," tambahnya.

Baca: Minim Istirahat, Emery akan Rotasi Skuatnya

Aksi suporter pada laga ini tentu mencoreng kubu Arema. Apalagi, mereka berhasil memetik kemenangan atas Persebaya dengan skor 1-0 pada laga tersebut.

Kemenangan ini pun membuat Arema naik ke posisi ke-11 klasemen sementara dengan mengoleksi 31 poin. Kini, mereka terpaut enam poin dari Bali United yang berada di posisi ketiga.


Video: Suporter Bola di Indramayu Gelar Deklarasi Damai

 


(PAT)