PSS Sleman vs Borneo FC

Kalah dari Borneo, PSS Sleman Kecewa Keputusan Wasit

Ahmad Mustaqim    •    21 Februari 2019 03:13 WIB
Piala Presiden 2019
Kalah dari Borneo, PSS Sleman Kecewa Keputusan Wasit
Asep Ardiansyah. (Medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Sleman: Keputusan wasit Iwan Sukoco pada leg kedua babak 16 besar Piala Indonesia dinilai mempengaruhi jalannya laga antara PSS Sleman melawan Borneo FC. Itu dikatakan asisten pelatih PSS, Asep Ardiansyah.

Wasit Iwan mengusir pemain PSS, Sidik Saimima dan pemain Borneo FC, Wahyu Setiawan Hamidi dalam laga yang dihelat di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu 20 Februari malam WIB. Keputusan ini memunculkan protes dari kedua tim dan membuat laga terhenti sekitar 25 menit. 

Asep menyayangkan keputusan wasit itu karena hampir seluruh pemain PSS terpancing emosi. Sebab, wasit Iwan mengeluarkan kartu kuning kepada Sidik, namun disuruh meninggalkan lapangan. 

"Situasi itu sangat mempengaruhi permainan tim. Tim pelatih di pinggir lapangan selalu teriak, tahan emosi, tahan emosi," kata Asep seusai pertandingan.
 

Klik: Sevilla Singkirkan Lazio dari Liga Europa


Meski kecewa dengan keputusan wasit, Asep melihat para pemain PSS sudah bekerja maksimal di lapangan. Menurut dia, para pemain sudah menunjukkan mental petarung meski tidak didampingi pelatih utama, Seto Nurdiyantoro, yang sedang menjalani kursus kepelatihan lisensi AFC Pro. 

"Dari hasil memang gak memuaskan. Tapi, kami jadi punya catatan kekurangan tim dari laga ini. Kami akan memperbaiki kekurangan-kekurangan di dalam latihan," kata dia. 

Dari hasil pertandingan, kedua tim bermain imbang 0-0. Sehingga, Borneo berhak melaju ke babak berikutnya karena keunggulan agregat gol 1-0. 

Pemain depan PSS, Rangga Muslim, mengungkapkan pertandingan melawan tim bermateri lebih baik seperti Borneo FC bakal menjadi pengalaman berharga. Menurut dia, para pemain PSS harus bisa mengambil pelajaran dari laga itu. 

"Saya pribadi, ini jadi pengalaman. Kami sudah berjuang tapi hasil kurang memuaskan," ujarnya. 


(KAU)