Liga 1 Indonesia 2018

Menang Tipis Atas PSIS, Borneo Naik ke Papan Atas

M. Rizky Adhestian    •    10 November 2018 17:38 WIB
liga 1 indonesia
Menang Tipis Atas PSIS, Borneo Naik ke Papan Atas
Liga 1 Indonesia (dok. medcom.id)

Samarinda: Borneo FC meraih kemenangan tipis 2-1 saat menjamu PSIS Semarang pada pekan ke-30 Liga 1 Indonesia 2018, Sabtu 10 November. Kemenangan membawa Pesut Etam kian dekat ke papan atas klasemen sementara.

Laga baru berjalan lima menit, tim tuan rumah sudah melakukan pergantian dini. Eddy Gunawan ditarik keluar untuk digantikan Firdaus Ramadhan.

Gol pembuka keunggulan tim tuan rumah tercipta pada menit 14. Billy Keraf mencetak gol cantik dengan tendangan lob jarak jauh, usai menggocek satu pemain PSIS.

Borneo bermain cukup mengalir dengan tempo yang stabil. Alhasil, Lerby Eliandry menggandakan keunggulan timnya hanya empat menit berselang dari gol Billy.

Gol Lerby berasal dari umpan terukur Titus Bonai ke dalam kotak penalti. Striker setinggi 180 cm itu langsung menyambutnya dengan sundulan keras untuk merobek gawang PSIS yang dijaga Joko Ribowo.

Baca: Persipura Kantongi Poin Penuh Berkat Gol Tunggal Boaz

Di babak kedua, PSIS mendapat peluang emas dan hampir memperkecil ketinggalan. Berawal dari serangan balik yang dimotori Bruno Silva dari sayap kiri.

Bruno memberikan umpan matang ke dalam kotak penalti Borneo. Namun sayang, Nur Yulianto yang sudah dalam posisi sempurna malah tersandung saat mencoba meneruskan umpan tersebut.

Gol yang ditunggu-tunggu tim tamu baru terjadi menjelang akhir-akhir laga. Tepatnya pada menit 87, Bruno mencetak gol dengan penyelesaian akhir yang dingin usai memanfaatkan umpan Bayu Nugroho.

Namun demikian, gol Bruno hanya sekadar hiburan bagi PSIS. Tambahan waktu tiga menit di babak kedua tak mampu dimanfaatkan Laskar Mahesa Jenar untuk menyamakan kedudukan.

Tiga poin hasil kemenangan Borneo membawa mereka naik ke urutan keenam dengan total raihan 45 poin. Tim asuhan Dejan Antonic tersebut hanya berbeda selisih satu gol dengan Bali United di urutan kelima.

Susunan Pemain: 

Borneo FC: Nadeo; Diego M., Tupamahu, Edygun (Ramadhan 5'), Wildansyah; Belaid, W Hamisi (Hisyam 55'), Billy (Habibi 89'); Tibo, Matias, Lerby.

PSIS Semarang: J. Ribowo; Frendi (Komarudin 64'), Petar, Haudi, Gilang; Safrudin, Hafit (Makatindu 71'), Alom; Bayu N., Bruno Silva, Hari Nur.