Timnas Indonesia

2018, Tahun Sepak Bola bagi Indonesia

Ahmad Mustaqim    •    11 Januari 2018 13:09 WIB
timnas indonesia
2018, Tahun Sepak Bola bagi Indonesia
Deputi Sekjen PSSI Bidang Pengembangan Bisnis dan Marketing, Marsal Masita. (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Sleman: Memasuki tahun 2018, Timnas Indonesia dipastikan bakal disibukkan dengan sejumlah agenda. Selain turnamen Piala AFF, ada juga pertandingan persahabatan yang bakal dihadapi Skuat Garuda.

Deputi Sekjen PSSI Bidang Pengembangan Bisnis dan Marketing, Marsal Masita mengatakan pihaknya bakal lebih agresif pada tahun ini. Kegiatan sepak bola akan banyak hadir di Indonesia. Selain Asian Games, akan ada uji coba dengan negara-negara anggota FIFA. 

"Di ujung tahun, kita ada agenda Piala AFF Timnas senior dan U-19 AFC. Lalu ada friendly match FIFA di bulan September, Oktober, November, kita akan penuhi juga dengan macam-macam pertandingan internasional," kata Marshal di Yogyakarta pada Rabu, 10 Januari 2018. 

Baca: Gudjhonsen: Kolektivitas jadi Kekuatan Timnas Islandia


"Selama ini sudah ada Puerto Rico dan Fiji. Baru kali ini kita dapat peserta Piala Dunia (Islandia). Ini menurut saya suatu hal yang besar. Meskipun kita tahu stamina pemain Indonesia Selection belum full," sambungnya.  

Ia mengutarakan, PSSI bersama promotor akan mengadakan sejumlah pertandingan internasional ke depan. Pertandingan itu bertujuan memberikan kesempatan pemain Indonesia merasakan bermain dengan tim-tim hebat dunia. 

"Setelah akhir bulan kita ada eksebisi. Setelah itu bulan Maret ada FIFA match day. Lawan Jepang bocorannya," ujar Marsal. 

Baca: Jadwal Siaran Langsung Indonesia Selection vs Islandia


Ia mengaku masih berkomunikasi dengan sejumlah negara. Namun, ia mengaku cukup sulit mendatangkan kontestan piala dunia ke Indonesia. Seandainya sulit, pihaknya akan berupaya setelah gelaran piala dunia selesai. 

"Mulai Mei, Juni, Juli tidak akan berhenti agenda sepak bola di Tanah Air hingga Desember. Februari ada test even Asian Games. Ada beberapa negara dan akan dilakukan di SUGBK. Ada beberapa negara yang sudah konfirmasi hadir. PSSI ingin memberikan inspirasi lebih banyak buat para pemain Indonesia," tutur Marsal. 

Tak ingin ketinggalan berita bola? Follow instagram kami @medcom_bola

Video: Hadapi Islandia, Milla Panggil 24 Pemain


(ASM)


Video /