Indra Sjafri Dicopot

4 Momen Emas Indra Sjafri di Timnas U-19, Nomor 3 Paling Bersejarah

Kautsar Halim    •    21 November 2017 20:55 WIB
timnas u-19
4 Momen Emas Indra Sjafri di Timnas U-19, Nomor 3 Paling Bersejarah
Ekspresi kegembiraan Indra Sjafri usai Timnas U-19 mengalahkan Korsel dan lolos ke Piala Asia U-19 2014 (Foto: MI/Rommy Pujjianto)

Jakarta: PSSI selaku induk sepak bola Tanah Air akhirnya mencopot jabatan Indra Sjafri sebagai pelatih timnas U-19. Keputusan itu diambil usai rapat evaluasi tahunan yang berlangsung di kantor PSSI, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Selasa 21 November.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha menjelaskan bahwa kontrak Indra yang berakhir pada akhir Desember 2017 tidak diperpanjang lantaran PSSI telah menyiapkan jabatan baru untuknya. Segera setelah kontraknya berakhir, Indra akan ditugaskan membantu Direktur Teknik PSSI, Danurwindo untuk membangun sepak bola Indonesia.

Nantinya, Indra akan mengemban tugas untuk membantu perkembangan sepak bola Indonesia. Baik dalam hal pencarian talenta, pengajaran dasar teknik sepak bola, melatih anak-anak yang ada saat ini, dan mendatabase pemain di Indonesia.
 

Klik: Sejumlah Nama Muncul, PSSI Belum Tunjuk Pengganti Indra Sjafri


Indra diketahui sempat dua kali dipercaya menukangi Timnas Indonesia U-19. Selama periode tersebut, banyak momen-momen emas yang berhasil ditorehkan pelatih asal Sumatera Barat tersebut. Berikut, Metrotvnews.com telah merangkum empat momen tak terlupakan Timnas U-19 selama diasuh Indra Sjafri.

1. Juara HKFA 2013

(Foto: Capture Youtube)


Kesuksesan Indra menangani timnas U-19 ditandai dengan menjuarai turnamen HKFA International Youth Football Invitation Tournament 2013. Gelar ini merupakan tren positif lanjutan dari kesuksesan Indra bersama timnas U-17 di ajang yang sama pada tahun sebelumnya.

Selain menjuarai turnamen, terdapat dua penggawa timnas juga yang mendapat penghargaan sebagai pemain paling berpengaruh (MVP), yaitu Gavin Kwan Adsit dan Mariando. Prestasi ini seakan menjadi angin segar bagi kondisi sepak bola Indonesia yang saat itu sedang kisruh.
 
2. Juara Piala AFF 2013

(Selebrasi Evan Dimas (kiri) dkk usai mengalahkan Vietnam dan jadi juara Piala AFF U-19 2013. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Beberapa bulan kemudian setelah menjuarai turnamen HKFA atau tepatnya pada September, Indra berhasil mempersembahkan gelar Piala AFF 2013 untuk timnas U-19. Prestasi ini sangat membanggakan karena Indonesia belum pernah menjuarai turnamen apapun di level Asia Tenggara maupun yang lebih tinggi dalam kurun waktu 22 tahun terakhir.

Gelar juara dipastikan setelah timnas U-19 menaklukkan Vietnam lewat adu penalti dengan skor 7-6 pada fase final. Sebelumnya pada fase penyisihan, timnas U-19 juga mampu lebih baik ketimbang Malaysia, Thailand, Myanmar, dan Brunei Darussalam.
 
3. Lolos ke Piala Asia 2014
(Selebrasi pemain Timnas U-19 usai mengalahkan Korsel dan lolos ke Piala Asia U-19 2014. Foto: ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)


Timnas U-19 mencetak sejarah untuk pertama kalinya lolos ke Piala Asia U-19 2014. Momen bersejarah tersebut tercipta usai Evan Dimas dkk berhasil jadi juara grup di babak kualifikasi.

Dalam perjalanannya tampil sebagai juara grup, timnas U-19 tampil cemerlang dengan menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan. Termasuk memukul KO salah satu tim kuat Asia, Korea Selatan. Di Stadion Gelora Utama Bung Karno, Evan Dimas dkk sukses menaklukkan Korsel dengan skor 3-2.

Sayangnya, momentum tersebut gagal berlanjut di Piala Asia U-19 2014. Evan Dimas cs tidak mampu lolos dari fase grup, karena kalah bersaing dengan Uni Emirat Arab, Uzbekistan, dan Australia di Grup B.

4. Dua Kali Pecundangi Thailand

(Selebrasi para pemain Timnas U-19 usai mengalahkan Thailand di laga uji coba. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)


Salah satu indikator untuk merajai Asia Tenggara adalah dengan menaklukkan Thailand. Sedangkan itu sudah dilakukan Indra Sjafri ketika menukangi timnas U-19 sebanyak dua kali.

Kesempatan pertama menaklukkan Thailand didapat ketika timnas U-19 bentrok di fase grup Piala AFF 2013. Saat itu, timnas U-19 menang dengan skor 3-1 di Stadion Delta, Sidoarjo, pada 16 September 2013. Evan Dimas Darmono yang merupakan salah satu anak angkat kesayangan Indra tampil sebagai bintang dengan mencetak hattrick.

Kemenangan kedua atas Thailand diraih timnas U-19 saat melakoni laga persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, pada 8 Oktober 2017 lalu. Saat itu, timnas menang 3-0 lewat gol yang dicetak Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu dan Saddil Ramdani. 

 


(ACF)

Video /