Para Bonek "Nakal" telah Dibina dan Dipulangkan

Pythag Kurniati    •    05 Februari 2018 01:25 WIB
liga indonesia
Para Bonek
Kapolda Jateng dan Ketua SC Piala Presiden bersama belasan remaja suporter Persebaya Surabaya (Foto: MTVN/Pythag Kurniati)

Solo: Sebanyak 15 remaja suporter Persebaya Surabaya (Bonek) yang membawa senjata tajam mendapatkan pembinaan dari anggota kepolisian. Tak hanya itu, polisi juga mendatangkan orang tua mereka ke Mapolresta Surakarta.

Sebelumnya, lima belas suporter bola yang berusia antara 13 hingga 16 tahun kedapatan membawa aneka senjata tajam. Di antaranya, celurit, pedang, dan belati. 

Polisi menyita senjata-senjata tajam tersebut dari tas mereka jelang pertandingan pertama babak delapan besar Piala Presiden di Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu, 3 Februari 2018. 

Baca: Evan & Ilham Debut, Selangor Menangi Derbi Lembah Klang

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono, mengatakan ada unsur ketidaktahuan hukum pada suporter-supoter muda itu. 

"Mengingat masih dibawah umur, ada ketidaktahuan, orang tua sudah ke sini dan tidak ada korban, sehingga kami lakukan pembinaan pada mereka," ungkap Condro, Minggu (4/2/2018).

"Mereka tak mengetahui bawa senjata seperti ini ada Undang-Undang yang melarang, yakni Undang-Undang Darurat Tahun 1951," jelas Kapolda.

Langkah kepolisian ini langsung mendapat apresiasi dari Ketua Steering Commitee Piala Presiden Maruarar Sirait. Menurutnya memang tidak mudah memberikan pemahaman kepada puluhan ribu suporter agar taat aturan.

Baca: Laga Perdana Jupe di Malaysia tak Seindah Evan Dimas & Ilham Udin

"Tidak mudah memang. Ada yang sudah taat, tapi masih ada yang dengan berbagai alasan masih melanggar," ujar Maruarar.

Usai melihat kejadian tersebut, Maruarar berkomitmen mengundang para suporter untuk memberikan materi mengenai kesadaran hukum.  Itu ia lakukan agar tidak terulang kesalahan serupa.

"Kita lakukan edukasi juga pada suporter. Kami akan beritahu kalau kalian bawa senjata melanggar UU ini, dan seterusnya," pungkas Maruarar.


Video: Persija Kenalkan Jersey Baru

 


(PAT)


Jalani Final Liga Champions, Salah Enggan
Liga Champions 2017--2018

Jalani Final Liga Champions, Salah Enggan "Bolong" Berpuasa

1 hour Ago

Bintang Liverpool Mohamed Salah enggan "bolong" berpuasa saat menjalani final Liga Ch…

BERITA LAINNYA
Video /