Piala AFF 2016

Lini Belakang Rapuh, Bek Indonesia Punya Masalah Komunikasi

Kautsar Halim    •    26 November 2016 23:41 WIB
piala aff
Lini Belakang Rapuh, Bek Indonesia Punya Masalah Komunikasi
Bek timnas Indonesia Fachruddin Ariyanto merebut bola pemain Filipina. (AFP PHOTO / STRINGER)

Metrotvnews.com, Tangerang: Lini belakang timnas Indonesia menjadi salah salah satu sektor yang paling sering menerima kritik sepanjang perhelatan fase grup Piala AFF 2016. Gara-gara lemah lini tersebut, Indonesia sempat dibuat bimbang untuk melaju ke semifinal.

Sepanjang perhelatan fase grup Piala AFF 2016, Indonesia sudah kejebolan sebanyak tujuh gol. Rinciannya, empat gol ketika ditaklukkan Thailand, dua gol ketika ditahan imbang Filipina, sedangkan satu gol lagi terjadi ketika menang atas Singapura.


Klik: Klopp Tak Terkejut dengan Kehebatan Joel Matip


Fachruddin Ariyanto yang berposisi sebagai bek tengah bersama Rudolof Yanto Basna tak pernah absen dalam ketiga laga tersebut. Keduanya, masih sering terlihat renggang ataupun panik ketika menghalau serangan lawan. Ditemui ketika kembali ke Tanah Air, Sabtu 26 November, Fachruddin tak menepis kritik yang yang menyebutkan lini pertahanan Indonesia lemah. Menurutnya, itu memang kerap terjadi karena jalinan komunikasi di lapangan tidak terlalu baik.

"Bagi saya, pemain belakang, komunikasi kami berempat harus dijalin lebih baik agar tidak terjadi lagi kecolongan-kecolongan seperti kemarin," ujar Fachruddin di Bandara Soekarno-Hatta.

"Komunikasi itu biasanya menjadi berantakan karena kami capek di lapangan. Kalau komunikasi di luar lapangan sudah bagus dan tak perlu diragukan lagi," tambahnya.


Klik: Benitez Siap Menjadi Mentor Steven Gerrard


Baik Fachruddin maupun Basna tak akan dimainkan ketika Indonesia menjamu Vietnam pada leg pertama semifinal, Sabtu 3 Desember. Keduanya absen karena akumulasi kartu kuning, dan bakal digantikan oleh Gunawan Dwi Cahyo, Hansamu Yama Pranata, atau Manahati Lestusen.

Video: Lini Belakang Timnas Indonesia Keropos, Lini Depan Tajam

 


(KAU)

Black Eyed Peas Bakal Guncang Panggung Final Liga Champions
Jelang Final LIga Champions 2016--2017

Black Eyed Peas Bakal Guncang Panggung Final Liga Champions

1 day Ago

Grup vokal bergenre hip-hop ini akan tampil sebelum kick off pertandingan antara Real Madrid da…

BERITA LAINNYA
Video /