Jelang Piala AFF U-15

Ungkapan Hati Hamsa Lestaluhu Setelah Batal Membela Timnas U-16

Kautsar Halim    •    07 Juli 2017 11:45 WIB
piala aff u-15
Ungkapan Hati Hamsa Lestaluhu Setelah Batal Membela Timnas U-16
Hamsa Lestaluhu (Foto: Kautsar/mtvn)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hamsa Lestaluhu membeberkan perasaan hatinya setelah dipastikan gagal membantu timnas U-16 di ajang Piala AFF U-15. Meski sedih, ia tetap optimistis bisa tampil pada kesempatan berikutnya.

Hamsa merupakan salah satu winger andalan timnas U-16. Itu telah ia buktikan ketika menjadi pemain terbaik di ajang turnamen mini bertajuk Plastic Cup 2017 yang berlangsung di Vietnam beberapa waktu lalu.

Namun, nasib nahas malah menimpanya ketika tiga hari lagi timnas U-16 berangkat ke Thailand untuk melakoni Piala AFF U-15. Saat itu, ia terkapar di lapangan karena ditekel salah satu pemain Askot Persija Pusat yang menjadi lawan di salah satu laga uji coba timnas U-16.

BACA: Kontra Espanyol, Persija Beri Harga Tiket Termurah bagi Jakmania

Setelah dilakukan analisa medis, ternyata Hamsa menderita cedera ACL. Cedera tersebut diinformasikan pelatih Fakhri Hasaini cukup parah karena membuat lutut kanan Hamsa tidak bisa digerakkan dengan sempurna.

Dengan alasan memprioritaskan kebugaran, akhirnya Hamsa tidak diperkenankan bergabung dengan skuat timnas U-16 di Piala AFF maupun memberikan dukungan secara langsung ke Thailand. Ia dianjurkan tetap berada di Tanah Air agar fokus dengan pemulihan cedera.

"Sedih, enggak bisa tampil di AFF. Tapi itu tidak masalah karena saya masih bisa tampil di Kualifikasi AFC Cup," kata Hamsa merespons nasib nahas yang menimpanya kepada wartawan.

Meski harus terpincang-pincang dan menggunakan tongkat penyangga, Hamsa memang mampu tegar. Itu ia perlihatkannya ketika ikut bergabung dengan rekan-rekannya dalam upacara pelepasan timnas U-16 di Gedung Flamboyan Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (6/7/2017).

"Saya bilang kepada kawan-kawan, kalian jangan patah semangat tanpa saya. Kalian harus tetap semangat," ujar Hamsa seusai acara pelepasan timnas U-16.

Selanjutnya, Hamsa mengaku akan menjalani proses pemulihan cedera di kampung halamannya yang berada di Maluku. Menurut Hamsa, menyampaikan keterangan dokter yang menanganinya, cedera tersebut bisa pulih dalam tempo dua pekan.

"Saya mungkin akan pulang ke Maluku dan istirahat saja di rumah. Keinginan itu datang berdasarkan kemauan saya sendiri," papar Hamsa.

"Nanti, saya akan ditemani ibu untuk berobat. Untuk tempat berobatnya saya serahkan saja kepada ibu," tambahnya menutup.

BACA: Ketum PSSI Pantau Langsung Latihan Terakhir Timnas U-16

Di waktu yang berbeda, Joko Driyono selaku Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal PSSI juga ikut menanggapi musibah yang menimpa Hamsa. Saat itu, ia mengonfirmasi pertanyaan wartawan seputar biaya pengobatan Hamsa.

"Iya, semua biaya akan ditanggung PSSI," kata Joko singkat.

Hamsa bukan satu-satunya penggawa timnas U-16 yang tidak dimainkan di Piala AFF U-15. Karena regulasi turnamen hanya memperbolehkan membawa 23 pemain, pelatih Fakhri juga tidak memasukkan nama Sakra Yatul Fajra, Rayhan A. Syahputra, dan Aban Yudhistira. Meski begitu, mereka semua masih berpeluang tampil di Kualifikasi Piala Asia 2018 pada September mendatang.

 


(KRS)

Chelsea Ikut Ramaikan Perburuan Renato Sanches
Bursa Transfer Pemain

Chelsea Ikut Ramaikan Perburuan Renato Sanches

20 minutes Ago

Kabar mengenai masa depan Renato Sanches rupanya dibenarkan CEO Muenchen Karl-Heinz Rummenigge.…

BERITA LAINNYA
Video /