Liga 1 Indonesia 2018

PSSI Berharap Klub Tidak "Last Minute" Urus Lisensi

Krisna Octavianus    •    10 April 2018 16:35 WIB
liga 1 indonesia
PSSI Berharap Klub Tidak
Direktur Utama PT LIB Berlinton Siahaan (tengah), dan dua Chief Operational Officer PT LIB, Risha Adi Wijaya (kanan) dan Tigor Shalom Boboy (kiri). (Foto:.MTVN/Kautsar Halim)

Jakarta: PSSI melalui Manager Licencing Club, Tigor Shalomboboy berharap klub-klub Liga 1 tidak mengurus lisensi klub menjelang pendaftaran berakhir. Dia tidak mau kejadian musim lalu terulang lagi musim ini.

Pada musim lalu, klub-klub Liga 1 baru mengurus lisensi standar Asia menjelang berakhirnya kompetisi, di mana itu menjadi berimbas kepada hasil akhir. Hanya lima klub yang tercatat berhasil mendapatkan lisensi tersebut, yakni Bali United, Persija Jakarta, Persib Bandung, Arema FC, dan Madura United.

Kini, Tigor berharap hal itu tidak terulang lagi pda musim ini. Setiap klub harus mulai aware dengan masalah lisensi ini karena jika gagal mendapatkan lisensi Asia, klub sendiri yang akan rugi.

Klik di sini: Gabriel Jesus Minta City Bangkit dari Keterpurukan

"Kita selalu asistensi kepada mereka tapi jangan di ujung waktu karena itu satu masalah yang terjadi pada musim lalu. Sebenarnya musim ini sudah kita perpanjang satu bulan untuk submit data," ujar Tigor di sela-sela acara workshop licencing club di Hotel Grandkemang, Selasa (10/4/2018).

Sementara itu, Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono juga berjanji PSSI akan lebih aktif lagi mengingatkan klub soal lisensi ini. Akan tetapi, dia mengimbau manajemen setiap klub untuk fokus terhadap permasalahan lisensi ini.

"Ya itu asesment kita kepada klub, tapi PSSI juga ingin mengantisipasi itu dengan kita lebih aktif. PSSI, khususnya departemen klub licencing ini bersama-sama dengan liga mengambil peran aktif, mendampingi, membantu agar deadline tadi itu menjadi sesuatu yang direncanakan lebih teratur oleh teman-teman klub," sambung pria yang akrab disapa Jokdri tersebut.

"Salah satunya lisensi klub, manajer itu benar-benar mendapatkan dukungan penuh dari manajemen. Sering beberapa lisensi klub manajer di sebuah klub itu punya tugas-tugas yang lain yang menyebabkan prioritas mengurusi proses lisensi ini menjadi sekunder," pungkasnya.

Secara jumlah, Indonesia masih kalah dari Singapura. Negeri Singa memiliki enam tim yang sudah mendapat lisensi Asia tahun lalu. Sementara itu, di kawasan Asia Tenggara, Thailand menjadi negara dengan jumlah terbanyak untuk urusan lisensi, mereka memiliki delapan tim yang sudah terlisensi.

Atlet Sepak Bola Putri Ikuti Ujian Nasional



(FIR)


Babak 1: Saling Balas Gol pada Laga Muenchen vs Madrid
Bayern Muenchen vs Real Madrid

Babak 1: Saling Balas Gol pada Laga Muenchen vs Madrid

18 minutes Ago

Selain harus kebobolan gol dari Madrid, pasukan Jupp Heycnkes ini juga kehilangan dua pemain me…

BERITA LAINNYA
Video /