Alasan Pelatih Pilih Bhayangkara FC Jadi Lawan Tanding Timnas U-22

Rendy Renuki H    •    06 Februari 2019 12:57 WIB
laga uji cobaTimnas U-22
Alasan Pelatih Pilih Bhayangkara FC Jadi Lawan Tanding Timnas U-22
Indra Sjafri. (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)

Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Bhayangkara FC dalam laga uji coba. Menurut Indra Sjafri, kapastias Bhayangkara yang sempat menjadi juara Liga 1 mendasari pemilihan lawan tanding.

Jakarta: Timnas Indonesia U-22 akan menggelar uji coba melawan Bhayangkara FC (BFC) di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Rabu 6 Februari sore. Indra Sjafri, pelatih Timnas U-22 pun mengungkapkan alasan memilih BFC sebagai lawan tanding skuatnya.

Menurutnya, BFC memiliki kapasitas sebagai tim juara, mengingat The Guardians sempat merasakan kampiun Liga 1 2017. Hal tersebut yang mendasarinya memilih BFC untuk mengukur kekuatan Garuda Muda jelang tampil di Piala AFF U-22 2019 Kamboja.

Indra Sjafri memang memiliki rencana memberikan lawan tanding berbeda kepada Timnas U-22 pada uji coba ini. Nantinya, lawan dibagi tiga tingkatan, yakni tim lemah, sepadan, dan yang lebih kuat dari Marunis Wanewar Cs.

Baca: Bhayangkara FC Resmi Perkenalkan Pelatih Baru

"Untuk uji coba dibagi tiga. Ada dengan tim lemah, sepadan, atau tim yang lebih kuat atau umurnya yang lebih dari kita. Dan kita memilih dua uji coba, satu dengan Bhayangkara, kita tahu Bhayangkara pernah juara Liga 1 dan tim yang berkualitas," kata Indra Sjafri, Selasa 5 Februari.

"Yang kedua kita memilih Arema FC tanggal 10 Februari nanti, karena mereka punya suporter yang banyak, kita ingin juga bagaimana pemain bermain di situasi suporter yang banyak," sambungnya.

"Jadi mudah-mudahan dua ini cukup untuk menjadi evaluasi kita.  Jangan dipersoalkan kenapa enggak (klub) internasional, yang penting kami bisa melakukan uji coba dan uji coba itu sesuai dengan tujuan kami," pungkasnya.

Timnas U-22 akan memulai perjuangan di Grup B Piala AFF U-22 2019 pada 18 Februari melawan Myanmar. Usai itu, Garuda Muda akan melawan Singapura (20 Februari), Malaysia (24 Februari), dan tuan rumah Kamboja (26 Februari).

Video: Gol Perdana Saddil Ramdani di Liga Malaysia


(ASM)