Jelang Liga Primer Inggris 2017--2018

Kandidat Juara Liga Primer Inggris 2017--2018: Arsenal

Patrick Pinaria    •    10 Agustus 2017 12:18 WIB
liga inggrisarsenal 2017--2018
Kandidat Juara Liga Primer Inggris 2017--2018: Arsenal
Skuat Arsenal. (Foto: AFP/Saeed Khan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Arsenal akan mengusung banyak misi saat memasuki kompetisi Liga Primer Inggris musim 2017--2018. Meraih gelar atau setidaknya kembali ke jajaran empat besar menjadi salah satu tugas utama yang harus dibawa para skuat The Gunners pada musim ini. Khususnya bagi sang pelatih Arsene Wenger.

Sebelumnya, Arsenal mengalami periode mengecewakan pada musim 2016 -- 2017. Dalam periode tersebut, Alexis Sanchez dkk secara mengejutkan finis di peringkat kelima klasemen sehingga membuat mereka absen di Liga Champions musim ini.

Hasil tersebut tentu sangat mengecewakan bagi kubu Arsenal. Sebab, ini merupakan pertama kalinya bagi tim Meriam London itu absen di Liga Champions sejak 20 tahun silam.

Nasib buruk yang dialami Arsenal lantas memicu spekulasi masa depan Wenger. Sejumlah media memprediksi Wenger akan meninggalkan Arsenal seiring dengan kontraknya yang berakhir pada akhir musim lalu.

Namun, Wenger mampu mengobati sedikit kekecewaan fan dan manajemen klub setelah sukses membawa Arsenal menjuarai Piala FA. Pada turnamen tersebut, The Gunners sukses mengalahkan Chelsea dengan skor 2-1 di babak final pada 27 Mei.

Empat hari berselang kemenangan tersebut, pihak klub akhirnya memutuskan untuk memperpanjang kontrak Wenger. Pelatih 67 tahun tersebut diberi kontrak hingga 2019.

Setelah itu, Wenger pun mencoba berbenah dengan memboyong sejumlah pemain pada bursa transfer musim panas 2017. Ia merekrut striker Alexandre Lacazette dan Sead Kolasinac.

Pembelanjaan yang dilakukan Wenger untuk Arsenal sejauh ini cukup memberikan hasil positif. Selama menjalani pramusim, Arsenal sukses meraih empat kemenangan dari enam pertandingan. Sisanya, mereka harus menelan dua kekalahan.

Baca: Kandidat Juara Liga Primer Inggris 2017 -- 2018: Manchester United


Tak hanya itu. Arsenal bahkan mampu melanjutkan rapor positif pada turnamen Community Shield 2017, Minggu 6 Agustus. Ketika itu, The Gunners sukses mengalahkan Chelsea lewat adu penalti dengan skor 4-1.

Keberhasilan menjuarai Community Shield tentu menjadi modal bagus untuk menambah motivasi Arsenal untuk memulai perjalanan mereka pada Liga Primer Inggris musim ini. 

Enggan Belanja Boros
Meski mengalami perjalanan buruk pada musim lalu, pelatih Arsenal Arsene Wenger tampaknya tak langsung panik. Buktinya, pelatih asal Prancis itu tidak banyak melakukan pembenahan pada bursa transfer musim panas 2017.

Arsenal sejauh ini baru memboyong dua pemain pada bursa transfer musim panas ini. Di antaranya adalah Alexandrea Lacazette dan Sead Kolasinac. Lacazette didatangkan dari Olympique Lyonnais, sedangkan Kolasinac direkrut dari Schalke 04.

Menariknya, Arsenal tidak mengeluarkan dana banyak untuk merekrut dua pemain tersebut. Menurut laporan, mereka hanya mengeluarkan dana sebesar 46,5 juta poundsterling (sekitar Rp805 miliar).

Bahkan, harga tersebut merupakan dana yang dikeluarkan untuk memboyong Lacazette. Sementara itu, Kolasinac didapatkan Arsenal dengan secara gratis.

Aktivitas belanja yang dilakukan Arsenal pada musim panas ini cukup mengherankan. Mengingat, The Gunners cukup boros pada musim panas lalu, di mana bisa menghabiskan dana sekitar 87,9 juga poundsterling untuk memboyong tujuh pemain.

Selain itu, aktivitas penjualan pemain dilakukan Arsenal juga tak kalah mengejutkan. Mereka menjual Wojciech Szczesny ke Juventus dengan nilai transfer 10 juta poundsterling. Padahal, ia diyakini akan tetap bertahan Arsenal karena mampu memberikan penampilan apik saat menjalani masa peminjaman di AS Roma pada musim lalu.

Selain Szczesny, Arsenal juga melepas striker mereka, Yaya Sanogo. Ia dilepas ke Toulouse dengan status bebas transfer.

Baca: Kandidat Juara Liga Primer Inggris 2017 -- 2018: Manchester City


Sejarah klub:
Arsenal salah satu klub yang memiliki sejarah bagus di Inggris. Didirikan sekitar 131 tahun lalu, The Gunners mampu meraih banyak prestasi. 

Total, Arsenal sudah memenangkan 44 gelar. Di antaranya adalah 13 gelar Liga Primer Inggris, 13 gelar Piala FA, dua gelar Piala Liga Inggris, satu gelar Centenary Trophy, 15 gelar Community Shield, satu gelar Piala Winners, dan satu gelar Inter Cities Fairs Cup.

Arsenal awalnya bernama Royal Arsenal. Mereka didirikan di Highbury, London pada pada 1 Desember 1886. 

Tahun 1893 menjadi awal kiprah Arsenal masuk ke dalam kompetisi, yakni Football League (kompetisi yang didirikan untuk klub Inggris dan Wales). Kemudian, mereka masuk ke Divisi Utama Liga Inggris pada 1904 (dikenal Liga Primer Inggris saat ini).

Lalu, Arsenal berhasil meraih trofi perdana mereka pada musim 1930--1931. Ketika itu, mereka sukses meraih gelar perdana di Piala FA. Keberhasilan tersebut terus dilanjutkan Arsenal dengan memenangkan lima gelar Divisi Utama, daua gelar Piala FA sepanjang era 1930-an.

Kemudian, Arsenal berhasil memenangkan gelar double pertama pada musim 1970--1971. Musim itu, mereka mampu meraih gelar Liga Inggris dan Piala FA. Pada 1989 hingga 2005 menjadi periode terhebat Arsenal. Sepanjang musim itu, mereka mampu meraih lima gelar Liga Inggris dan Piala FA.

Salah satu periode terhebat dialami Arsenal pada musim 2003--2004. Mereka sukses meraih gelar Liga Inggris dengan status tak terkalahkan. Namun, setelah itu, Arsenal tidak mampu menjuarai Liga Primer Inggris hingga saat ini. Mereka hanya selalu berkutat di posisi dua hingga peringkat keempat. 



Statistik Musim Lalu
Liga Primer Inggris:
- Menang: 23
- Seri: 6
- Kalah: 9
- Memasukan: 77
- Kemasukan: 44
- Nilai: 75 poin

- Rata-rata penguasaan bola: 56,5%
- Rata-rata operan akurat: 83,8%
- Rata-rata tembakan per laga: 14,9%
- Rata-rata tackle tiap pertandingan: 17,7  
- Kartu kuning: 68 
- Kartu merah: 3

Piala FA
Putaran ketiga: vs Preston North End 2-1
Putaran keempat: vs Southampton  5-0
Putaran kelima: Sutton United 2-0
Perempat final: vs Lincoln City 5-0
Semifinal: vs Manchester City 2-1
Final: vs Chelsea 2-1

Piala Liga
Putaran ketiga: vs Nottingham Forest 4-0
Babak 16-besar: vs Reading 2-0
Babak Perempat Final: Southampton 0-2

Liga Champions
Fase Grup (Juara):
vs Paris Saint-Germain 1-1 (Tandang)
vs FC Basel 2-0 (Kandang)
vs Ludogorets 6-0 (K)
vs Ludogorets 3-2 (T)
vs Paris Saint-Germain 2-2 (K)
vs FC Basel 4-1 (T)

Babak 16-besar:
vs Bayer Muenchen 1-5 (T)
vs Bayern Muenchen 1-5 (K)

Prediksi musim ini:
Arsenal punya peluang cukup besar untuk bersaing meraih gelar dan kembali ke dalam jajaran empat besar pada musim ini. Hal itu bisa terlihat dari skuat yang dimiliki The Gunners saat ini.

Sejauh ini, Arsenal sudah berhasil mendatangkan Lacazette dan Kolasinac. Kehadiran keduanya akan membuat skuat Arsenal memiliki banyak pilihan dalam stok lini belakang dan lini depan.

Hal tersebut sangat dibutuhkan Arsenal, terutama menjelang pertengahan musim ini. Sebab, jika berkaca pada musim-musim sebelumnya, performa Arsenal kerap mengendur pada pertengahan musim. Hal itu bisa terjadi karena mereka selalu kehabisan stok pemain. 

Ditambah lagi, mereka akan menghadapi tiga kompetisi lain seperti Liga Europa, Piala FA, Piala Liga Inggris.

Namun, Arsenal masih harus menyelesaikan beberapa tugas jelang menyambut musim baru. Salah satunya adalah mempertahankan Alexis Sanchez. Selain itu, mereka setidaknya harus bisa memboyong pemain di lini tengah yang bisa menjadi pelapis Mesut Oezil.

Prediksi peringkat akhir musim 2017--2018: 2

Video: Para Pelatih Ikuti Rapat Jelang Liga Primer Inggris
 


(ASM)

Menyerah Kejar Mahrez, Roma Bidik <i>Winger</i> Juventus
AS Roma 2017--2018

Menyerah Kejar Mahrez, Roma Bidik Winger Juventus

1 hour Ago

Setelah tak lagi melakukan pengejaran kepada Riyad Mahrez, AS Roma dilaporkan mempertimbangkan …

BERITA LAINNYA
Video /