Trivia Liga Inggris

10 Klub Pemegang Rekor Kemenangan Terbanyak di Liga Inggris

Gregah Nurikhsani Estuning    •    03 Desember 2017 14:27 WIB
liga inggris
10 Klub Pemegang Rekor Kemenangan Terbanyak di Liga Inggris
Para pemain Newcastle United melakukan selebrasi usai membobol gawang Chelsea. (Foto: AFP PHOTO / Daniel LEAL-OLIVAS)

Jakarta: Everton boleh menjadi klub dengan rekor pertandingan sepak bola terbanyak di kasta teratas Liga Inggris. Tapi, Liverpool lah yang memegang rekor sebagai klub paling banyak meraih kemenangan hingga detik ini.

Aston Villa menyusul di peringkat kedua dengan 4.071 yang ironisnya, masih berkutat di Divisi Championship atau kasta ke-2 di bawah Liga Primer Inggris.

Arsenal dan Liverpool mengikuti di posisi tiga dan empat, lalu duo Manchester di tangga kelima dan keenam sebagai tim dengan rekor pertandingan paling banyak.

Hanya saja, jumlah pertandingan yang banyak tak melulu diikuti dengan kemenangan yang banyak pula. Berikut ini Medcom.id merangkum 10 tim dengan rekor kemenangan terbanyak di Liga Primer Inggris.

Simak Juga: Hasil Liga Inggris Hari Ini: Arsenal dan Tottenham Melempem

10. Sunderland
Nasib tragis dialami oleh Sunderland musim lalu. Rentetan hasil buruk membuat klub berjuluk The Black Cats itu harus turun kasta ke Divisi Championship.

Segalanya menjadi tambah parah tatkala Newcastle United, rival paling kuat Sunderland, justru promosi ke Liga Primer Inggris. Satu hal yang disayangkan adalah Derbi Tyne-Wear tak akan bisa tersaji musim ini.

Namun demikian, Sunderland masuk 10 besar klub dengan catatan kemenangan terbanyak hingga detik ini. Mereka mengoleksi 1.261 kemenangan.

9. Newcastle United
Sebelum Manchester City, Chelsea dan Tottenham Hotspur merusak dominasi Manchester United, Liverpool, dan Arsenal di papan atas Liga Primer Inggris, Newcastle United bersama Blackburn Rovers merupakan tim yang diperhitungkan.

Sayang, dalam beberapa tahun belakangan, nama besar The Magpies, julukan Newcastle, mulai luntur. Padahal mereka masuk jajaran elit Liga Primer Inggris dengan 1.313 kemenangan hingga saat ini.

8. Chelsea
Tim London ini boleh saja mendapat olok-olok sebagai tim kemarin sore karena kehadiran Roman Abramovich yang mengubah Chelsea menjadi raksasa Inggris. Tapi sebetulnya, Eden Hazard cs punya sejarah apik di sepak bola Negeri Ratu Elizabeth.

Sejak era Liga Primer Inggris tahun 1992--1993, The Blues sama sekali belum pernah terdegradasi, dan posisi terendah mereka terjadi musim 1993--1994, yakni peringkat 14.

Sejak musim 1996--1997, Chelsea selalu finis enam besar, kecuali musim 2015--2016 di mana mereka terlempar ke tangga ke-10 klasemen akhir.

Hingga detik ini, 1.344 kemenangan telah dikoleksi. Hasilnya, lima juara Liga Primer Inggris mereka raih. Satu gelar lainnya mereka dapatkan saat liga masih bernama First Division.

7. Tottenham Hotspur
Klub London lainnya, Spurs, juga menorehkan tinta manis soal total kemenangan di Liga Primer Inggris. Tottenham telah mengantungi 1.364 kemenangan hingga musim 2017--2018.

Sama seperti Chelsea, Spurs terbilang stabil di 10 besar, namun baru sejak musim 2008--2009. Sebelumnya, Spurs relatif inkonsisten di papan klasemen.

6. Manchester City
Sejak dibeli bos minyak, Manchester City seketika menjelma menjadi salah satu tim paling kuat di Inggris. Kucuran dana membuat The Citizens bisa mendatangkan banyak pemain bintang, mulai dari era Robinho, Edin Dzeko, sampai Kevin de Bruyne.

Tim asal Kota Manchester itu juga memiliki rekor kemenangan yang banyak, yakni mencapai 1.388. Musim ini, tampaknya perbendaharaan kemenangan bakal bertambah karena terus menunjukkan performa meyakinkan.

5. Aston Villa
The Villans adalah salah satu klub sarat tradisi di Inggris. West Ham United bahkan secara terang-terangan meniru warna kebesaran klub asal Birmingham itu karena terinspirasi akan keberhasilannya di masa lampau.

Total, Aston Villa yang kini berkompetisi di Championship Division itu sudah meraih 1.643 kemenangan di divisi teratas Liga Inggris.

4. Manchester United
Siapa sangka, Man United yang begitu perkasa dalam tiga dekade belakangan belum menembus big three soal raihan kemenangan terbanyak di divisi teratas Liga Inggris.

Peraih tiga kali juara Liga Champions itu telah meraih 1.767 kemenangan. Hasilnya, selain dua Liga Champions, MU sukses meraih 20 gelar Liga Inggris.

3. Everton
Performa Everton musim ini boleh saja jauh dari kata lumayan. Meski sudah membeli banyak pemain seperti Glyfi Sigurdsson dan Jordan Pickford, Wayne Rooney cs masih kesulitan merangkak dari papan bawah klasemen.

Namun demikian, The Toffees bisa berbangga karena 1.810 kemenangan yang mereka koleksi hingga detik ini masih lebih baik ketimbang MU, Man City, atau Chelsea.

2. Arsenal
Era terbaik Arsenal belum kembali sejak hijrah dari Stadion Highbury menuju Emirates Stadium, tapi bukan berarti The Gunners kehilangan segalanya. Setidaknya, bertengger di papan atas menjadi bukti jika mereka masih merupakan salah satu tim terbaik di Inggris.

Bukti lainnya yang patut mereka banggakan adalah keberhasilan tim London Utara tersebut mengoleksi 1.847 kemenangan di divisi teratas Liga Inggris, unggul 37 kemenangan dari Everton di bawahnya.

1. Liverpool
Tidak bisa dipungkiri, kendati belum pernah mengangkat trofi juara sejak era Liga Primer Inggris, Liverpool tetaplah tim dengan tradisi yang kuat.

Lima gelar Liga Champions dan 18 juara liga berjejer rapi di lemari trofi Liverpool. The Reds juga menjadi klub dengan raihan kemenangan terbanyak di liga, yakni 1.885 kali hingga detik ini.

Video: Menanti Kejutan di Piala Dunia 2018
 


(REN)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

10 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /