Petr Cech Pensiun Akhir Musim Ini

Muhammad Al Hasan    •    15 Januari 2019 23:12 WIB
liga inggrisarsenal
Petr Cech Pensiun Akhir Musim Ini
Kiper Arsenal Petr Cech mengumumkan pensiun di akhir musim 2018/2019. (Foto: Blackpool and Arsenal at Bloomfield Road in Blackpool, north west England on January 5, 2019. (Foto: AFP/Paul Ellis)

Petr Cech memutuskan pensiun setelah 20 tahun berkarier sebagai pesepak bola profesional. Ia merasa sudah meraih semua gelar yang jadi targetnya selama 15 tahun berkarier di Liga Primer Inggris.

London:
Kompetisi musim 2018/2019 akan jadi akhir dari kisah Petr Cech sebagai pemain sepak bola profesional. Di akhir musim ini, Cech memutuskan untuk gantung sarung tangan alias pensiun.

Pria berusia 36 tahun itu mengaku sudah mencapai banyak hal selama berkarier sebagai pemain profesional. Atas dasar inilah, ia merasa bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuknya untuk mengundurkan diri dari dunia sepak bola.

"Ini musim ke-20 saya sebagai pemain profesional dan sudah 20 tahun sejak saya menandatangani kontrak profesional pertama saya. Jadi rasanya ini saat yang tepat untuk mengumumkan bahwa saya akan pensiun pada akhir musim ini," tulis Cech.
 

Baca: Polisi Tetapkan 11 Tersangka Mafia Bola


Cech memulai karier profesionalnya bersama klub kampung halamannya di Republik Ceko, Chmel Blsany pada 1999. Kariernya baru meroket saat ia meninggalkan Rennes dan bergabung dengan Chelsea pada tahun 2004.

Bermain selama 11 musim di Chelsea, Cech sukses meraih berbagai gelar bergengsi. Mulai titel Liga Primer Inggris (4), FA Cup (4), hingga mengangkat trofi juara Liga Champions di musim 2011--2012 lalu dilanjutkan dengan Liga Europa pada musim berikutnya.

Hengkang ke Arsenal lantaran kalah bersaing dengan Thibaut Courtois pada musim 2015, Cech memang gagal meraih trofi Liga Primer Inggris. Namun, ia berhasil membantu The Gunners meraih titel FA Cup dan Community Shield.

Di level individu, Cech juga sudah kenyang dengan penghargaan bergengsi. Ia 11 kali dinobatkan sebagai pemain terbaik Rep. Ceko. Ia juga pernah menyandang predikat kiper terbaik Liga Primer Inggris dan Eropa. 

"Setelah bermain 15 tahun di Liga Primer Inggris, dan memenangkan setiap trofi yang bisa diraih, saya merasa, saya telah meraih semua target yang ingin saya raih," ungkap Cech.

Sebagai pemain profesional, Cech yang akan menginjak usia 37 tahun pada 20 Mei mendatang ini akan tetap menjalani sisa musim ini dengan semangat yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya.
 

Baca juga: Ditinggal Indra Sjafri ke Spanyol, Seleksi Timnas U-22 Tetap Bergulir


Ia berjanji akan melakukan yang terbaik untuk Arsenal saat mendapat kesempatan dari pelatih. Saat ini, posisi Cech memang bukan lagi sebagai kiper utama The Gunners. Ia jadi cadangan kiper muda Jerman, Bernd Leno.

"Saya akan terus bekerja keras di Arsenal dan mudah-mudahan memenangkan satu trofi lagi musim ini," tegas Cech.

Peluang Cech untuk menambah koleksi gelar pada musim terakhirnya, terbilang cukup terbuka. Saat ini, Arsenal masih berpeluang juara di beberapa kompetisi. Di antaranya Liga Europa dan FA Cup.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Umuh Muchtar Isyaratkan Mundur dari Persib



(ACF)