Arsene Wenger

Sejumlah Fakta Sebelum Wenger Lampaui Rekor Ferguson

A. Firdaus    •    31 Desember 2017 15:44 WIB
liga inggrisarsenal
Sejumlah Fakta Sebelum Wenger Lampaui Rekor Ferguson
Pelatih Arsenal Arsene Wenger (Foto: AFP)

West Bromwich: Arsenal akan menyambangi markas West Bromwich Albion pada game week ke-21 Liga Primer Inggris 31 Desember malam 2017. Pertandingan yang berlangsung di The Hawthorns Stadium ini akan spesial di mata pelatih Arsene Wenger.

Pria asal Prancis itu akan mengklaim satu lagi sejarah di Liga Primer Inggris. Wenger bakal menjalani laga ke-811 bersama Arsenal ketika menghadapi West Brom, yang berarti melampaui rekor Sir Alex Ferguson yang selama ini memegang catatan pelatih terbanyak menjalani laga di kasta tertinggi kompetisi Inggris.

Selama 20 musim melatih The Gunners, Wenger memang belum benar-benar membuat para pendukungnya puas dengan kinerjanya. Namun dengan tiga gelar liga atas namanya dia menunjukkan sedikit tanda untuk melepaskan harapan gelar keempat sebelum menyelesaikan karienrya bersama tim London Utara ini.

Klik di sini: Guardiola Sambut Jadwal Padat City dengan Kecemasan

Berikut beberapa fakta jelang Wenger melampaui rekor Ferguson:
Rekor Wenger akan Sulit Dipatahkan
Wenger tengah bergerak mengalahkan rekor Ferguson dengan 811 laga malam ini. Sepertinya torehan yang akan ia peroleh bakal memakan waktu lama lagi untuk dipatahkan oleh pelatih lain.

Manajer terdekat yang masih aktif adalah Harry Redknapp dengan 641 laga. Sedikit menjauh ada David Moyes dengan 508 laga, Sam Allardyce (494), dan Mark Hughes (422).

Meski rekornya bakal dipatahkan, Ferguson masih lebih baik dibandingkan dengan Wenger. Ia mencatat jumlah kemenangan tertinggi dengan 528 kali dengan presentase 65,2 persen, di atas Wenger yang hanya meraih 57,8 persen kemenangan. Sementara Jose Mourinho berada di posisi kedua dengan 63,3 persen kemenangan dari 270 laga.

Arsenal era Wenger juga hanya berhasil mencetak gol 1524 kali, lebih sedikit dengan apa yang pernah dilakukan United era Ferguson dengan 1627 gol dalam 810 pertandingan.

Manajer Favorit Wenger
Ada beberapa manajer yang disukai Wenger selama ia menangani Arsenal. Dari jumlah tersebut Wenger telah bertemu lebih dari 10 lebih para pelatih di Liga Inggris, dengan meraih minimal 50 persen kemenangan dalam 18 pelatih yang dihadapinya.

Steve McClaren mungkin yang menjadi favorit. Wenger telah mengalahkan mantan pelatih timnas Inggris itu dalam 11 kali dari 12 bentrokan. Namun jika menyangkut statistik, lawan termudahnya adalah Sean Dyche, Jean Tigana, Joe Royle, dan Dave Basset. Semuanya setidaknya tiga kali melawan Wenger dan keempat manajer itu selalu mengakhiri laga dengan kekalahan.

Tentu saja tidak semua berakhir indah buat Wenger. Pasalnya pelatih berusia 68 tahun itu hanya berhasil menang 10 kali dalam 34 pertemuan dengan Ferguson.

Wenger hanya sekali menang dalam 14 kali berjumpa dengan Jose Mourinho. Ia juga belum pernah mengalahkan Juergen Klopp, Josep Guardiola, Roy Evans, atau Roberto Di Matteo.

Klik di sini: Gara-gara Teknologi VAR, Lazio Kehilangan Tujuh Poin

Highbury Lebih Bersahabat Dibandingkan dengan Emirates
Arsenal telah memenangkan 145 dari 219 pertandingan di Emirates Stadium. Memberikan mereka rasio kemenangan sekira 66,2 persen. Lebih buruk daripada ketika Meriam London bermarkas di Highbury, di mana mereka memenangkan 134 kali dari 186 pertandingan.

Goodison Park menjadi tempat favorit Wenger di kala Arsenal bermain tandang. Gunners dibawanya meraih 11 kemenangan, lima imbang dari 22 kunjungannya ke markas Everton tersebut.

Kemudian di Villa Park Wenger berhasil meraih 10 kemenangan dan dua kekalahan dari 19 laga yang terjadi. Di Valley Stadium, Arsenal berhasil meraih enam kemenangan dari delapan laga.

Sementara di Anfield, Old Trafford, Stamford Bridge, dan White Hart Lane, Wenger telah meraih 18 kemenangan dari 85 laga. Sementara ia telah berhasil meraih enam kemenangan di Etihad Stadium.

Hari-hari terburuknya berada di Hillsborough, Valley Parade, Bramall Lane, dan Sunderland Park, di mana ia tidak  pernah menang satu pun laga di liga.

PS TNI Tanpa Pemain Asing di Piala Presiden 2018
 


(FIR)


Video /