Guardiola Didenda Rp381 Juta oleh FA

Riyan Ferdianto    •    11 Maret 2018 15:09 WIB
liga inggris
Guardiola Didenda Rp381 Juta oleh FA
Pep Guardiola (Foto: AFP/OLI SCARFF )

Manchester: Manajer Manchester City Pep Guardiola didenda 20.000 pound (Rp380 juta) oleh asosiasi sepak bola Inggris (FA), karena mengenakan pita kuning pada beberapa pertandingan. Pemakaian pita kuning tersebut merupakan simbol dukungan terharap gerakan referendum kemerdekaan kampung halaman Guardiola, Catalunya.

FA sendiri sudah melarang pemakain pita kuning, karena dinilai melanggar regulasi pakaian pertandingan dan ketentuan periklanan. Pelatih 47 tahun itu mengenakan pita kuning saat Manchester City bertemu Arsenal di final Piala Liga Inggris Minggu 25 Februari dan melawan Arsenal di Liga Primer Inggris Kamis 1 Maret

Pita kuning yang dikenakan Guardiola dinilai mengandung pesan tertentu. Pita tersebut merupakan bentuk solidaritas terhadap dua politisi Catalonia, Jordi Sanchez dan Jordi Cuixart, yang ditangkap menyusul referendum Catalonia pada Oktober lalu.

Klik di sini: Valverde Enggan Coret Madrid dari Perburuan Gelar La Liga

"Pep Guardiola telah didenda 20.000 poundsterling dan diperingatkan untuk menjaga sikap di masa depan," kata juru bicara resmi FA mengatakan dalam sebuah pernyataan. 

"Guardiola telah mengakui tuduhan FA karena mengenakan pesan politik, khususnya pita kuning, yang melanggar peraturan FA dan peraturan periklanan,"tambah pernyataan tersebut.

Pada November lalu, Guardiola beralasan mengenakan pita tersebut sebagai misi kemanusiaan. Ia menuntut otoritas Spanyol membebaskan para politikus Catalonia yang dipenjara terkait tuntutan kemerdekaan wilayah tersebut dari Spanyol.

"Saya harap semua politikus yang berada di penjara segera dibebaskan dan pulang ke rumah untuk berkumpul bersama keluarga serta menjalani kehidupan yang pantas mereka terima," ujar Guardiola. (The Statesman)

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Bhayangkara FC vs Persija Jadi Laga Pembuka Liga 1 2018



(REN)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

2 weeks Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /