Pada Hari Ini

2006: Blunder Fatal yang Menghancurkan Karier Paul Robinson

Krisna Octavianus    •    11 Oktober 2016 07:00 WIB
pada hari ini
2006: Blunder Fatal yang Menghancurkan Karier Paul Robinson
Paul Robinson sesaat setelah melakukan blunder (Foto: ADRIAN DENNIS / AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Paul Robinson sempat digadang-gadang sebagai kiper masa depan Inggris usai tampil apik bersama Leeds United dan Tottenham Hotspur pada 2000-an. Karier Robinson makin mentereng setelah menjadi kiper utama timnas Inggris saat tampil di Piala Dunia 2006.

Namun, reputasi bagus yang sudah dibangun Robinson mendadak runtuh pada 11 Oktober 2006 atau 10 tahun yang lalu. Tepatnya setelah Robinson memperkuat Inggris melawan Krosia dalam ajang kualifikasi Piala Eropa 2008 di Stadion Maksimir, Zagreb. Robinson menjadi pesakitan dan dihujat publik Inggris gara-gara melakukan blunder fatal yang membuat The Three Lions kalah 0-2.

Babak pertama dilalui Robinson dengan apik. Ia berhasil menahan sejumlah gempuran striker-striker Krosia sehingga skor 0-0 bertahan hingga peluit babak pertama berakhir dibunyikan. Petaka baru muncul saat laga memasuki pertengahan babak kedua. Dimulai dari gol yang dicetak striker Krosia, Eduardo pada menit ke-61.

Konsentrasi Robinson seakan menurun sejak kebobolan. Buktinya ia mulai melakukan kesalahan-kesalahan elementer yang membuat gawang The Three Lions dalam bahaya.

Puncak dari blunder Robinson terjadi pada menit ke-69. Ia salah mengantisipasi back pass Gary Neville dari sisi kanan pertahanan gara-gara bola yang meluncur ke arah gawang mendadak mantul. Robinson terperangah. Ia berusaha mengejar bola yang lepas dari penjagaannya. Namun laju bola terlalu keras sehingga terus melaju ke dalam gawang.

Kesalahan Robinson sepertinya tak bisa dimaafkan suporter The Three Lions. Buktinya. publik Inggris langsung mencerca dan memunculkan berbagai lelucon guna mengolok-olok "perbuatan" Robinson yang membuat The Three Lions kalah pada laga itu.

Kritik dan hinaan yang datang ke arah Robinson makin kencang lantaran blundernya yang membuat Inggris kalah dari Kroasia menjadi salah satu penyebab The Three Lions gagal melangkah ke Piala Eropa 2008. Ketika itu, Inggris hanya berada di peringkat ketiga grup kualifikasi di belakang Kroasia dan Rusia.

Pujian yang sering didapat Robinson usai tampil apik bersama Leeds dan Tottenham tak pernah lagi muncul setelah petaka di Zagreb terjadi. Karier kiper kelahiran 15 Oktober 1979 itu juga lambat laun meredup setelah itu. 

Sejak 2008, Robinson hanya tampil bersama tim gurem, Blackburn Rovers dan tak pernah lagi mendapat panggilan untuk mengenakan seragam kebesaraan timnas Inggris.

 


(KRS)

Video /