Review Liverpool vs Bournemouth

Trisula Maut Liverpool Pulangkan Bournemouth dengan Tangan Hampa

Gregah Nurikhsani Estuning    •    15 April 2018 01:51 WIB
liga inggrisliverpool
Trisula Maut Liverpool Pulangkan Bournemouth dengan Tangan Hampa
Trio penyerang Liverpool, Firmino, Mane, Salah. (Foto: Twitter/LFC)

Liverpool: Kemenangan meyakinkan berhasil diraih Liverpool kala menjamu AFC Bournemouth pada lanjutan Liga Primer Inggris 2017--2018. Trisula Salah-Firmino-Mane membawa timnya menang 3-0.

Gol pertama dicetak Sadio Mane pada menit ketujuh babak pertama. The Reds menambah dua gol lagi pada interval kedua melalui gol Salah (69') dan Roberto Firmino (90').

Tambahan satu gol Salah membuat dirinya kini mencatatkan 40 gol di semua kompetisi. Selain itu, ia kini didaulat menjadi pemain dari benua Afrika yang paling sering membobol gawang di pentas Liga Inggris (30) dalam semusim, mengalahkan Didier Drogba (29) saat masih berkostum Chelsea.

Bukan cuma Salah, Mane juga menjadi pemain Senegal dengan koleksi gol terbanyak (44) di Liga Inggris. Ia melewati catatan Demba Ba (43) yang sukses bersama West Ham United, Newcastle United, dan Chelsea.

Kemenangan ini juga membawa anak asuh Juergen Klopp untuk sementara menjauh dari kejaran Tottenham Hotspur. Dejan Lovren dan kawan-kawan mengoleksi 70 poin, terpaut satu angka saja dari Manchester United yang duduk di posisi kedua.

Klik: Sudahi Perlawanan Valencia, Barca Kian Nyaman di Puncak

Jalannya Pertandingan

Sejak peluit kick-off dibunyikan, Liverpool langsung menguasai jalannya laga. Publik Anfield nyaris bersorak menit tiga saat Salah menciptakan peluang pertama menyambut umpan tarik dari Trent Alexander-Arnold.

Skor baru berubah menit tujuh. Sundulan eks Red Bull Salzburg dan Southampton itu sempat ditepis Asmir Begovic, namun dengan cekatan ia menjemput bola rebound dan menempatkannya ke pokok kiri gawang Bournemouth.

Menit 20, para pemain Bournemouth sempat meminta penalti kepada wasit karena Lovren dinilai menyentuh bola dengan tangannya. Akan tetapi, wasit tak bergeming dan hanya memberikan sepak pojok.

Meski jarang menguasai bola, tim tamu tak menyerah untuk terus berupaya menyamakan kedudukan. Menit 23, usaha keras mereka berhasil menggetarkan gawang Loris Karius, tapi Joshua King dianggap berada dalam posisi offside.

Sadar lawannya mulai bisa keluar dari tekanan, Klopp mencoba alternatif lain untuk merusak pertahanan Bournemouth. Oxlade-Chamberlain yang menjadi tumpuan serangan di lini tengah berulang kali merepotkan lini belakang, tapi peluang yang dihasilkan selalu dipatahkan.

Pada babak kedua, Merseyside Red bermain lamban di menit-menit awal. Alhasil, Bournemouth sanggup mencuri kesempatan, salah satunya lewat skema set-piece yang dilakukan Daniels.

Klik: Dwigol Giroud Bantu Chelsea Bungkam Southampton

Baru setelah lima menit, mesin Liverpool sudah kembali panas. Berturut-turut, Salah, Jordan Henderson, Virgil van Dijk, dan Chamberlain memiliki peluang, tapi tak satu pun yang bisa merubah keadaan.

Menit 69, serangan sporadis tuan rumah akhirnya membuahkan hasil. Meneruskan umpan Alexander-Arnold, Salah menambah keunggulan timnya melalui tandukan.

Liverpool tak mengendurkan serangan meski sudah unggul 2-0. Namun, gol penutup baru hadir di menit-menit akhir melalui Firmino, tepatnya menit 90. Menerima operan Chamberlain, penyerang asal Brasil itu melepaskan tembakan ke pojok kanan yang gagal dihadang Begovic.

Skor 3-0 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Hasil ini memperpanjang catatan tak pernah kalah Liverpool di kandang (menang 12 imbang 7).

Liverpool: Loris Karius, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Andrew Robertson, Trent Alexander-Arnold, Georginio Wijnaldum, Jordan Henderson, Alex Oxlade-Chamberlain, Roberto Firmino, Mohamed Salah, Sadio Mane

Bournemouth: Asmir Begovic, Simon Francis, Charlie Daniels, Steve Cook, Nathan Ake, Dan Gosling, Ryan Fraser, Jordon Ibe, Lewis Cook, JermainDefoe, Joshua King

Video: David Da Silva Hattrick, Persebaya Bungkam PS Tira 4-1
 


(KAU)


Video /