Manchester United 2017--2018

Gol Mata Dianulir, Mourinho Kritik Penggunaan VAR

Krisna Octavianus    •    18 Februari 2018 07:06 WIB
manchester united
Gol Mata Dianulir, Mourinho Kritik Penggunaan VAR
Jose Mourinho (Foto: twitter man united)

Huddersfield: Manajer Manchester United, Jose Mourinho mengklaim bahwa wasit tidak menjalankan fungsi VAR dengan baik terkait gol Juan Mata yang dianulir dalam kemenangan United 2-0 atas Huddersfield Town, Minggu 18 Februari dini hari WIB. 

Juan Mata sempat mencetak gol pada menit akhir babak pertama dan wasit Kevin Friend sempat menyatakan gol itu sah. Akan tetapi, VAR membatalkannya karena pemain asal Spanyol itu dianggap dalam posisi offside.

Keputusan tersebut merupakan keputusan yang kontroversial dengan banyak tayangan ulang yang menunjukkan bahwa tingkat offside sangat minim. Mourinho percaya bahwa hal itu bertentangan dengan pedoman VAR yang biasanya hanya dapat digunakan untuk "kesalahan yang jelas".

"Sungguh menakjubkan ketika kebenaran terjadi, tapi juga ada masalah dan salah satu masalahnya adalah persis apa yang terjadi hari ini, yang sedikit bertentangan dengan aturan atau protokol pertandingan yang berlaku,"  ujar Mourinho kepada wartawan pada konferensi pers pasca pertandingan.

"Maksudnya, VAR untuk kejadian yang jelas dan situasi yang jelas. VAR pasti bukan untuk situasi yang tidak jelas dalam keadaan yang jelas, tapi kami tahu itu eksperimen, dan kami harus menerima. Tetapi saya berbicara setelah menang 2-0," lanjutnya.

"Saya hampir memenangi manajer berperilaku terbaik di Liga Primer Inggris, jadi tidak ada yang bisa membuat saya kehilangan trofi musim ini. Perasaan itu agak aneh dan saya membagikannya dengan David (Wagner) di pinggir lapangan dan (wasit keempat) Anthony Taylor, yang merupakan momen keraguan. Kami mencetak gol, saya tidak bisa bahagia," sambungnya.

Kemenangan United membawa mereka ke perempat final dan akan melawan tim Liga Primer Inggris lainnya, Brighton & Hove Albion.

 


(KRS)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /