Manchester City 2017--2018

Guardiola Ragu Menyamai Pencapaian Sir Alex Ferguson

M. Rizky Adhestian    •    12 Maret 2018 22:11 WIB
liga inggrisbola
Guardiola Ragu Menyamai Pencapaian Sir Alex Ferguson
Pep Guardiola dan Sir Alex Ferguson (Metro.co.uk)

Manchester: Manchester City dianggap bisa mendominasi sepak bola Inggris maupun Eropa dalam beberapa tahun ke depan di tangan Pep Guardiola. Akan tetapi pelatih asal Spanyol itu yakin tak bisa membuat dinasti baru, seperti yang dilakukan Sir Alex Ferguson di Manchester United.

Ferguson menurutnya telah mengasuh United untuk lebih dari 2,000 pertandingan, sebelum akhirnya memutuskan pensiun pada 2013. Pelatih yang akrab disapa Fergie telah membangun era kebangkitan di klub berjuluk Setan Merah itu, sejak ia bergabung pada tahun 1986.

Meski sempat terseok-seok kurang lebih lima tahun, Ferguson akhirnya berhasil menghentikan dominasi Liverpool saat itu. Pria asal Skotlandia itu tercatat telah memenangkan total 38 trofi, termasuk 13 trofi Liga Primer Inggris.

Baca juga: Guardiola tidak Kecewa Silva Absen Demi Anak

Perkembangan City jauh lebih cepat dan pesat di tangan Guardiola, dibandingkan United di era Ferguson dulu. Setelah melewati investasi besar-besaran pada bursa transfer, The Citizens kini menjadi tim yang ditakuti di Eropa dengan masih mengantongi kesempatan untuk menjadi treble winner musim ini.

Eks pelatih Barcelona itu tidak bisa dipungkiri adalah salah satu faktor penting di balik kesuksesan City musim ini. Akan tetapi, Guardiola ragu ketika digadang-gadang bisa menyamai Sir Alex Ferguson.

"Saya tidak bisa melakukannya dulu. Untuk mewujudkannya Anda harus tinggal selama 10 sampai 15 tahun dalam satu klub," kata Guardiola.

Baca juga: Kabar Buruk Menimpa Aguero dan Manchester City

"Itu bisa saja terjadi, tetapi Anda harus tinggal selama 10 atau 15 tahun. Saya tidak tahu apakah saya masih punya kekuatan untuk melakukannya. Tergantung pada hal tersebut," sambungnya.

Berkat kesabaran pemilik klub yang berasal dari Abu Dhabi, Guardiola bisa menggodok skuatnya hingga seperti sekarang. Padahal di musim pertamanya, City harus mengakhirinya kompetisi dengan tangan kosong.(Soccerway)

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Gabung Lechia Gdansk, Egy Kenakan Nomor Punggung 10
 


(RIZ)