Jelang Chelsea vs Liverpool

11 Fakta Menarik Jelang Duel Chelsea vs Liverpool

Achmad Firdaus    •    16 September 2016 18:37 WIB
liga inggris
11 Fakta Menarik Jelang Duel Chelsea vs Liverpool
Momen saat Philippe Coutinho membobol gawang Chelsea pada pertemuan musim lalu (Foto: http://e2.365dm.com/)

Metrotvnews.com, Jakarta: Stadion Stamford Bridge akan jadi sorotan utama pada pekan kelima Liga Primer Inggris, Sabtu 17 September dini hari nanti WIB. Chelsea sebagai empunya stadion akan menjamu lawan tangguh, Liverpool.

Misi balas dendam diusung The Blues pada laga ini. Pasalnya, pada pertemuan terakhir di musim lalu, Chelsea yang kala itu dibesut Mourinho harus menyerah 1-3 dari Liverpool di Stamford Bridge.

Kini, Mourinho sudah hengkang ke MU. Mulai musim ini, kursi pelatih Chelsea diambil mantan pelatih Juventus, Antonio Conte.

Di bawah arahan Conte, Chelsea tampil cukup konsisten. Mereka saat ini duduk di posisi dua klasemen Liga Inggris dengan koleksi 10 poin, atau tertinggal dua poin dari pemuncak klasemen sementara Manchester City.

(BACA: Preview Chelsea vs Liverpool)

Untuk bisa mengkudeta City, kemenangan atas Liverpool menjadi harga mati buat Chelsea. Namun, mengalahkan The Reds yang kini tengah on-fire usai membantai Leicester City, pekan lalu, tentunya bukan perkara mudah.

Apalagi, kubu Liverpool juga tengah berambisi menyodok ke papan atas, lantaran saat ini skuat besutan Juergen Klopp masih tertahan di posisi enam dengan koleksi tujuh poin.

Untuk memberikan gambaran terkait kekuatan kedua kubu, Metrotvnews.com sudah merangkum 11 fakta menarik yang melibatkan kedua tim:
  
1. Ini akan jadi pertemuan ke-172 kedua tim di semua ajang. Liverpool punya rekor lebih baik dengan memenangi 73 laga. Sementara Chelsea baru 60 kali mengalahkan The Reds. Khusus di Liga Primer Inggris, kedua tim sudah 146 kali bentrok. Liverpool kembali unggul dengan mengoleksi 65 kemenangan, berbanding 49 kemenangan milik Chelsea.

2. Chelsea hanya sekali kalah dari delapan pertandingan terakhir melawan Liverpool di Liga Primer Inggris (3 kali menang, 4 imbang). Namun, satu-satunya kekalahan itu terjadi pada musim lalu ketika takluk 1-3 di Stamford Bridge.

3. The Blues hanya kalah sekali dari total enam pertandingan yang dimainkan pada hari Jumat (2 kali menang, 3 imbang). Kekalahan terakhir dialami pada Desember 2003 ketika kalah dari Charlton Athletic, 4-2.

4. Sementara itu, Liverpool sukses meraih empat kemenangan dari lima laga Liga Primer yang dimainkan pada hari Jumat. Satu-satunya kekalahan yang mereka alami, terjadi pada April 2004 ketika dikalahkan Arsenal.

5. Juergen Klopp meraih kemenangan pertamanya di Liga Primer Inggris di Stamford Bridge pada Oktober 2015. Kala itu, Klopp sukses membawa anak asuhnya menang 1-3.

6. Diego Costa sukses mencetak lima gol dalam lima laga terakhirnya di Liga Primer Inggris. Empat di antaranya tercipta di bawah arahan Antonio Conte musim ini.

(BACA JUGA: Cedera Pergelangan Kaki, Terry Absen Lawan Liverpool)

7. Liverpool jadi tim yang paling subur di Liga Primer Inggris pada tahun 2016. The Reds mengoleksi 50 gol, di mana 24 di antaranya tercipta di laga tandang. Catatan gol tandang Liverpool sama dengan gol milik Tottenham Hotspur.

8. Chelsea hanya membuat satu clean sheet pada 14 laga terakhir di Stamford Bridge. Satu-satunya clean sheet itu tercipta saat mengalahkan Burnley 3-0 pekan lalu.

9. Musim ini Chelsea sukses meraih kemenangan pada dua laga kandang terakhirnya. Namun, mereka belum pernah menang tiga kali beruntun di Stamford Bridge sejak Mei 2015, atau ketika mereka memastikan gelar Liga Primer Inggris musim 2014--2015 saat melawan Crystal Palace.

10. Liverpool selalu kebobolan dalam delapan laga tandang terakhir di Liga Primer Inggris. Jumlah tersebut nyaris menyamai rekor pada 2005 ketika mereka selalu kebobolan dalam sembilan laga tandang.

11. Antonio Conte punya rekor mentereng di kandang. Ia tidak pernah kalah dalam 30 laga terakhir sebagai pelatih (28 kali menang, dua imbang). Kekalahan kandang yang terakhir kali dialami Conte, terjadi pada 6 Januari 2013 ketika Juventus dikalahkan Sampdoria di Serie A. (WorldFootball, Sky Sports, Wikipedia)

Video: Preview Chelsea vs Liverpool


(ACF)

Moenchengladbach Ungguli Barcelona
Babak I: Borussia Moenchengladbach vs Barcelona

Moenchengladbach Ungguli Barcelona

32 minutes Ago

Borussia Moenchengladbach sukses mengungguli Barcelona pada babak pertama. Meski terus ditekan,…

BERITA LAINNYA
Video /