Krisis Manchester United

Analisa 3 Pengamat Sepak Bola Inggris Soal Krisis Manchester United

Achmad Firdaus    •    20 September 2016 20:44 WIB
liga inggris
Analisa 3 Pengamat Sepak Bola Inggris Soal Krisis Manchester United
Reaksi para pemain Manchester United saat kebobolan dari Watford di Liga Inggris (Foto: AFP PHOTO / Adrian DENNIS)

Metrotvnews.com, Manchester: Manchester United tengah dilanda krisis usai menelan tiga kekalahan beruntun. Lantas, apa yang salah dari tim besutan Jose Mourinho?

Sebenarnya, bukanlah suatu hal yang aneh jika sebuah tim menelan tiga kekalahan beruntun. Apalagi, hal ini terjadi saat musim baru bergulir. Dengan kompetisi yang masih cukup panjang, peluang untuk bangkit kembali ke jalur juara tetap terbuka.

Sayangnya, fenomena ini tidak biasa terjadi pada klub sekelas Manchester United. Apalagi, saat ini mereka ditukangi oleh salah satu pelatih terbaik dunia, Jose Mourinho dan sudah menggelontorkan dana hingga Rp2 triliun untuk merekrut sejumlah pemain bintang macam Paul Pogba, Henrikh Mikhtaryan dan Zlatan Ibrahimovic.

(BACA: Ada Apa dengan Manchester United?)

Kritikan pun tak bisa dihindari Mourinho ketika timnya kalah dari Manchester City, Feyenoord dan terakhir Watford. Sejumlah pengamat sepak bola di negeri Ratu Elizabeth pun coba menganalisa hal apa yang salah dari MU.

Berikut tanggapan tiga pengamat yang juga tokoh sepak bola Inggris, Harry Redknapp (Mantan pelatih Portsmouth dan Tottenham Hotspur), Martin Keown (Mantan pemain Arsenal), dan Chris Sutton (Mantan penggawa Timnas Inggris) saat diwawancarai Daily Mail terkait krisis yang melanda MU, dan peluang juara MU yang saat ini tertinggal enam poin dari rival sekotanya, Manchester City di puncak klasemen.

1. Masalah apa yang sebenarnya dihadapi Mourinho di MU dan bagaimana solusinya?

REDKNAPP: Masalah terbesar yang dihadapi Mourinho saat ini adalah menemukan komposisi yang tepat dalam starting IX. Dia memiliki banyak pemain bintang, ego yang besar dan pemain muda bertalenta. Dia pastinya sulit tidur karena harus memikirkan bagaimana menemukan resep yang tepat.

KEOWN: Mourinho harusnya bisa berpikir lebih jauh dan berhenti menyalahkan orang lain. Dia menyalahkan para pemain dan terlihat memisahkan diri dari permasalahan yang mana dia seharusnya membantu timnya mencari solusi. Dia harus mengesampingkan egonya karena dia merupakan bagian dari masalah yang dihadapi MU.

SUTTON: (Permainan) MU terlalu mudah ditebak. Mourinho harus beradaptasi dengan gaya bermain Paul Pogba dan mencadangkan Wayne Rooney. Saat ini, ia jelas kesulitan untuk menemukan cara bermain yang tepat untuk United.

2. Apakah benar Rooney punya andil dalam krisis MU?

REDKNAPP: Saya sudah mengatakan berulang kali bahwa saya tidak mengerti alasan mengapa Rooney dimainkan di lini tengah. Mourinho harus menempatkan pemain di posisi terbaiknya, dan saat ini hal itu tidak terjadi. Terlalu banyak pemain dengan tipe yang sama. Ia harus mengorbankan seseorang. Sebab, sulit baginya untuk melakukannya tanpa harus mengecewakan seseorang.

KEOWN: Saya rasa Rooney sudah kehilangan sentuhannya. Dia tidak bermain di level yang dulu ia mainkan. Dia kesulitan untuk memberikan pengaruhnya dalam pertandingan. Jadi, keputusan Mou menempatkan Rooney sebagai pemain no.10 saya rasa cukup mempengaruhi MU. 

SUTTON: Jika Pep Guardiola adalah pelatih Manchester United, Wayne Rooney mungkin akan jadi cadangan. Rooney merupakan masalah buat Jose Mourinho dan pelatih Inggris, Sam Allardyce. Mourinho harus berani untuk mencadangkan Rooney. 

3. Apakah MU masih memiliki peluang untuk juara musim ini?  

REDKNAPP: Mereka masih bisa, tapi sangat sulit. Jika hal ini terjadi musim lalu, saya masih yakin (MU bisa juara). Tapi, musim ini City mengawali musim dengan sangat baik.

KEOWN: Tentu saya mereka masih punya peluang. Mereka punya skuat yang mumpuni dan juga pelatih yang hebat. Mereka harus bisa berimprovisasi di sisa musim ini, tapi mereka juga harus bersaing dengan City.

SUTTON: Jelas tidak. Sekarang gelar Liga Inggris sudah melayang. Mereka tidak memiliki peluang mengejar Manchester City apalagi setelah kalah dua kali dalam satu pekan.

Video: ?Ada Apa dengan Manchester United?
 


(ACF)

UEFA Umumkan <i>Venue</i> Final Liga Champions 2018
Liga Champions

UEFA Umumkan Venue Final Liga Champions 2018

1 week Ago

Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) mengumumkan stadion yang akan menjadi <i>venue</i> …

BERITA LAINNYA
Video /