Stan Kroenke Kuasai 97 Persen Saham Arsenal

Gregorius Gelino    •    08 Agustus 2018 14:02 WIB
liga inggrisarsenal
Stan Kroenke Kuasai 97 Persen Saham Arsenal
Stan Kroenke. (Foto: AFP/Adrian Dennis)

London: Pengusaha Rusia keturunan Uzbekistan, Alisher Usmanov, resmi melepas sahamnya di Arsenal sebesar 30 persen kepada pemilik saham mayoritas, Stan Kroenke. Dengan pembelian saham Usmanov ini, Kroenke resmi memiliki 97 persen saham The Gunners.

Kroenke sebelumnya memiliki saham mayoritas di Arsenal sebesar 67 persen. Namun dengan dilepasnya saham Usmanov menjadikan Kroenke sebagai pemilik saham terbesar the Gunners.

Pengusaha asal Amerika Serikat itu membeli saham Usmanov dengan harga 550 juta pounds atau sekitar Rp10,2 trilun. Usmanov sebelumnya berniat melepas sahamnya kepada orang yang memiliki keinginan yang sama sepertinya, yaitu menjadikan Arsenal sebagai klub terbaik di dunia. Namun dengan Kroenke yang ingin menjadikan Arsenal sebagai lumbung uang, keinginan Usmanov sulit terwujud karena Kroenke memiliki ide yang berolak belakang dengan Usmanov.

Usmanov sebelumnya sempat mencoba membeli saham Kroenke sebagai pemilik saham mayoritas, namun ia enggan melepas sahamnya. Ia menganggap Arsenal terlalu berharga sebagai alat penghasil uangnya sehingga menolak tawaran Usmanov.

Baca: Liverpool Tutup Pramusim dengan Kemenangan


"Saya memutuskan untuk menjual saham saya di Arsenal Football Club yang bisa menjadi klub terbaik di dunia. Saya mengharapkan yang terbaik dan sukses untuk klub sepak bola hebat ini dan kepada semua orang yang berkarier dan hidup di sini," ungkap Usmanov dalam keterangan resminya.

Menanggapi hal ini, Arsenal Supporters Trust (AST) mengatakan, bahwa dengan Kroenke menjadikan klub sebagai perusahaan privat, akan menghapus nilai-nilai yang dipegang Arsenal. Selain itu mereka mengatakan bahwa suporter Arsenal akan kehilangan suara mereka di jajaran direksi.

"AST juga sangat khawatir dengan fakta bahwa pembelian ini menggunakan pinjaman. AST menolak pengambil alihan ini dengan keras. Arsenal terlalu penting untuk dimiliki oleh satu orang,' ungkap AST dalam keterangan resminya.

"Hal terburuk dari pembelian saham ini adalah kabar bahwa Kroenke berencana membeli secara paksa saham yang dipegang oleh fans Arsenal. Banyak fans ini merupakan anggota AST dan tidak memegang saham mereka untuk diuangkan namun untuk mempertahankan nilai yang dijunjung oleh klub," lanjut pernyataan tersebut.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Venue Paralayang Siap Digunakan Asian Games 2018


(ASM)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

6 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /