Pada Hari Ini

2004: Marc Burrows Dinobatkan sebagai Pencetak Gol Tercepat di Dunia

Kautsar Halim    •    20 April 2017 07:03 WIB
soccertainmentpada hari ini
2004: Marc Burrows Dinobatkan sebagai Pencetak Gol Tercepat di Dunia
Marc Burrows. (Foto: google image)

Metrotvnews.com, Jakarta: Persatuan Sepak Bola Inggris (FA) pernah memberikan penghargaan unik kepada Marc Burrows pada 20 April 2004. Saat itu, ia dinobatkan sebagai pencetak gol tercepat dalam sepanjang sejarah sepak bola.

Burrows merupakan striker berkebangsaan Inggris yang bermain untuk klub nonliga, Cowes Sports FC. Gol tercepat itu ia cetak dalam durasi 2,5 detik saat membantu timnya menghadapi Eastleigh FC pada 3 April 2004.


Klik: Introspeksi PSSI di Usia 87 Tahun


Proses lahirnya gol tercepat di dunia itu cukup sederhana. Burrows hanya menendang bola dari titik putih kick off ke arah gawang ketika peluit dimulainya pertandingan berbunyi.

Menurut keterangan Burrows, tendangan itu sengaja ia lesakkan karena melihat kiper lawan berada di luar jangkauan. Selain itu, ia juga mengklaim telah dibantu oleh angin yang berembus kencang.  

"Bola itu hanya melayang melewati kiper lawan yang lengah. Saya sangat terkejut dan tidak benar-benar merayakan gol tersebut. Saya hanya menunjuk tangan sambil tertawa lepas setelah gol itu tercipta," kata Burrows yang saat itu mencetak dua gol tambahan dan membawa menang timnya, 5-3.


Klik: Mewaspadai Wasit Barcelona vs Juventus


Gol fenomenal Burrows telah mengalahkan rekor gol tercepat di dunia sebelumnya yang dicetak pesepakbola Argentina Ricardo Olivera pada 1998. Saat itu, ia mencetak gol ketika laga baru bergulir 2,8 detik.

Dibalik rekor gol tercepat ini tersimpan kisah tragis yang menimpa Burrows. Ketika usianya menginjak 30 tahun, ia harus berjuang melawan penyakit kanker dan mengembuskan nafas terakhir pada 9 Februari 2009. (tdifh)

Berikut cuplikan video gol tercepat di dunia:

 


(KAU)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

1 day Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /