Pengorbanan Son Heung-min demi Asian Games 2018 di Jakarta

Gregah Nurikhsani Estuning    •    02 Agustus 2018 14:17 WIB
tottenham hotspurTimnas Korea Selatan
Pengorbanan Son Heung-min demi Asian Games 2018 di Jakarta
Son Heung-min (kiri) berusaha melewati pemain AC Milan, Franck Kessie (kanan). (Foto: AFP PHOTO / STEPHEN MATUREN)

London: Perjanjian dilakukan Korea Selatan dan Tottenham Hotspur terkait keikutsertaan Son Heung-min pada Asian Games 2018, yakni ia akan mengorbankan sejumlah pertandingan internasional bersama timnas periode November sampai Januari.

Spurs sebetulnya tidak punya kewajiban melepas Son ke timnas Korsel untuk Asian Games yang dimulai dari tanggal 10 Agustus sampai 1 September. Ditambah dengan baru bergabungnya Dele Alli dan Harry Kane pada hari Senin kemarin, timing ini buat Spurs tidaklah ideal.

Awalnya, The Lilywhites mau melepas Son selepas (jika) Korsel lolos babak grup. Dengan begitu, pemain berusia 26 tahun tersebut bisa memainkan setidaknya dua laga pembuka Liga Primer Inggris.

Setelah pertimbangan matang kedua pihak (Spurs dan Korsel), Son akhirnya dilepas seutuhnya untuk Asian Games. Ada pun ia bakal absen di laga pembuka melawan Bahrain tanggal 12 Agustus sebab baru datang tanggal 13 Agustus.

Kesepakatan ini bukannya tanpa kompensasi. Sebagai gantinya, Son akan absen di banyak laga internasional Korsel, termasuk Piala Asia bulan Januari mendatang.

Bulan November misalnya, Spurs tidak akan melepas Son ke Korsel untuk laga-laga persahabatan. Sementara di Piala Asia, ia tidak bisa mengikuti dua laga babak grup menghadapi Filipina dan Kirgistan.

Keputusan tersebut dibuat dengan alasan yang fundamental. Son wajib ikut Asian Games dan meraih medali emas bersama Korsel. Sebab, gagal juara akan membuat Son harus ikut wajib militer seperti pemuda-pemuda lain di Negeri Ginseng itu.

Klik: Cabor Voli Pantai Tatap Asian Games 2018