Swansea City vs Chelsea

Diimbangi Swansea, Tren Kemenangan Chelsea Terhenti

Patrick Pinaria    •    12 September 2016 00:22 WIB
liga inggris
Diimbangi Swansea, Tren Kemenangan Chelsea Terhenti
Eden Hazard (Kiri) berduel dengan bek Swansea Kyle Noughton (Foto: AFP/Adrian Dennis)

Metrotvnews.com, Swansea: Chelsea harus puas berbagi angka dengan tim tuan rumah Swansea City pada pekan keempat Liga Primer Inggris, Minggu 11 September. Itu bisa terjadi setelah The Blues bermain imbang dengan skor 2-2.

Hasil ini tentu mengecewakan bagi Chelsea. Sebab, The Blues mampu tampil dominan sepanjang pertandingan. Tercatat, mereka bermain penguasaan bola sebanyak 55 persen.

Dalam hal agresivitas, Chelsea juga lebih unggul ketimbang Swansea. Tercatat, tim besutan Antonio Conte itu melepaskan tujuh tembakan mengarah ke gawang dari 28 peluang. Sementara itu, Swansea hanya mencatatkan dua peluang sepanjang babak pertama.

Chelsea langsung tampil menekan ketika laga baru berjalan lima menit. Dua peluang berhasil diciptakan Chelsea saat itu. Peluang pertama lahir dari sepakan Willian. Namun, tendangannya masih bisa ditepis kiper Swansea, Lukasz Fabianski.

Kemudian, peluang selanjutnya diciptakan lewat John Terry. Mendapat umpan dari tendangan sudut, bek asal Inggris itu meneruskan bola dengan sundulan. Tetapi, lagi-lagi peluang tersebut gagal membuahkan gol untuk Chelsea.

Keunggulan akhirnya baru diciptakan Chelsea pada menit ke-18. Gol The Blues dicetak oleh Diego Costa yang mampu melepaskan tembakan keras usai mendapat umpan dari Oscar di dalam kotak penalti.

Chelsea semakin percaya diri usai mencetak gol tersebut. Pada menit ke-21, mereka nyaris menambah keunggulan lewat Eden Hazard. Berawal dari aksi individunya yang berhasil melewati bek Swansea, Kyle Naughton. Setelah masuk ke dalam kotak penalti, ia pun melepaskan tembakan mendatar. Akan tetapi, bola masih bisa dibendung kiper Swansea Fabianski.

Peluang emas kembali didapat Chelsea. Tepatnya pada menit ke-43, Costa melepaskan tembakan jarak dekat. Tetapi, tendangannya gagal memberikan keunggulan.

Hingga babak pertama usai, tidak ada gol lagi tercipta. Keunggulan 1-0 untuk Chelsea bertahan.

Situasi pertandingan berubah ketika memasuki babak kedua. Pada babak ini, Swansea tampil lebih agresif dan mampu memberikan perlawanan kepada Chelsea.

Alhasil, Swansea berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-59 lewat Gylfi Sigurdsson yang dicetak lewat tendangan penalti. Hukuman penalti diberikan kepada Chelsea setelah Thibaut Courtois melakukan pelanggaran terhadap Sigurdsson di dalam kotak penalti.

Kepercayaan diri Swansea semakin meningkat. Hanya selang tiga menit, The Swans membalikkan keadaan lewat Leroy Fer. Gelandang asal Belanda tersebut sukses memanfaatkan kesalahan yang dilakukan Gary Cahill.

Ketinggalan tak menurunkan kepercayaan diri Chelsea. Mereka justru mampu keluar tekanan dan berbalik menekan Swansea. Beberapa kali, Chelsa mendapat peluang dari Hazard dan Oscar. Namun, upaya kedua pemain tersebut belum mampu menyamakan kedudukan untuk Chelsea. 

Tekanan Chelsea akhirnya berbuah pada menit ke-81. Mereka berhasil menyamakan kedudukan lewat Costa.

Setelah menyamakan kedudukan, pelatih Chelsea Antonio Conte mencoba untuk meningkatkan serangan timnya. Ia pun mencoba untuk memasukkan Michy Batshuayi untuk menggantikan Oscar.

Akan tetapi, pergantian itu tak memberikan efek signifikan untuk Chelsea. Sebab, Chelsea tidak mampu mencetak gol hingga laga usai. Hal tersebut juga tidak mampu dilakukan oleh Swansea. Laga pun berakhir dengan skor 2-2.

Hasil imbang ini tentu memberikan kekecewaan bagi pelatih Chelsea Conte. Sebab, ia gagal melanjutkan tren kemenangan mereka pada kompetisi Liga Primer Inggris musim ini.

Dengan hasil ini, Chelsea harus terpaku di posisi kedua klasemen dengan mengoleksi 10 poin. Mereka tertinggal dua poin dari Manchester City yang berada di puncak klasemen.

Sementara itu, hasil imbang cukup menguntungkan untuk Swansea. Mereka kini naik ke peringkat ke-13 klasemen dengan mengoleksi empat poin.


Susunan pemain kedua tim:

Swansea City: Lukasz Fabianski, Kyle Naughton, Federico Fernandez, Jordi Amat, Stephen Kingsley, Neil Taylor/Modou Barrow (41'), Jack Cork, Ki Sung Yueng, Leroy Fer, Gylfi Sigurdsson/Angel Zaragoza (89'), Fernando Llorente.

Chelsea: Thibaut Courtois, Branislav Ivanovic, Gary Cahill, John Terry, Cesar Azpilicueta, N'Golo Kante, Willian/Victor Moses (77'), Oscar/Michy Batshuayi, Nemanja Matic/Cesc Fabregas (76'), Eden Hazard, Diego Costa.


(PAT)

Video /