Pada hari ini

1991: Tercetusnya Pembentukan Liga Primer Inggris

A. Firdaus    •    17 Juli 2017 06:57 WIB
pada hari ini
1991: Tercetusnya Pembentukan Liga Primer Inggris
Logo Liga Primer Inggris terbaru (Foto: Ist)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada 17 Juli 1991 merupakan salah satu hari bersejarah sepak bola Inggris. Lima klub kasta tertinggi di Negeri Ratu Elizabeth ini melakukan perjanjian antar pendiri Liga Inggris. Perjanjian ini juga mengubah posisi Football League yang telah berjalan selama 104 tahun.

Kesepakatan pun terjadi, dengan poin pentingnya adalah mereka membentuk liga baru dengan memisahkan diri dari Football League. Liga baru yang disebut Liga Primer Inggris (EFL) menggantikan divisi utama sebagai kompetisi level tertinggi Inggris.

Langkah tersebut awalnya digerakkan oleh lima klub besar. Mereka adalah Arsenal, Everton, Liverpool, Manchester United, dan Tottenham Hotspur. Perubahan ini berangkat dari kekhawatiran tentang organisasi dari 90 anggota Football League.

Klik di sini: Resmi: Lucas Biglia Berseragam AC Milan

Kelima klub tersebut tak senang karena ada fakta bahwa dari 90 klub itu, baik dari divisi utama hingga keempat ternyata memiliki hak suara yang sama dalam keputusan liga.

Selain itu pembentukan liga baru ini mengubah salah satu keuntungan hak siar televisi oleh beberapa klub dari Divisi Utama Football League. Sebelumnya mereka anggap pendapatan itu tak sepenuhnya dimanfaatkan oleh Liga.

Kesepakatan itu juga menyebutkan bahwa sistem degradasi dan promosi tetap dilanjutkan yang berarti Liga Primer baru merupakan level teratas Football-League. Klub dari Liga Primer juga berhak mengikuti turnamen Piala Liga dan Piala FA.

Klik di sini: SSB Batu Agung Wakili Indonesia di Final Dunia Danone Cup 2017

Sempat terjadi kebibungan dengan penamaan liga. Hingga akhirnya tercetuslah EFL, yang menaungi tiga divisi terbawah yang dikenal sebagai Championships, League One, dan League Two.

Kesepakatan itu akhirnya mulai dijalankan pada 22 Mei 1992. Di mana Liga Primer baru memutuskan diri untuk berpisah diri dari FA dengan membentuk perusahaan baru yang dikenal sebagai Football Association Premier League Limited.

Liga Primer Inggris mulai bermain pada musim 1992--1993 dengan 22 klub yang ikut meramaikan kompetisi tersebut. Dua musim berselang, FIFA meminta kompetisi Liga Primer untuk mengurangi jumlah kontestan menjadi 20 tim, yang berarti ada empat klub yang harus turun kasta dan dua tim lainnya promosi dari Divisi Championship.

Sementara dalam 24 musim Liga Primer Inggris berjalan, MU paling banyak merebut gelar dengan 13 trofi.

Berikut 22 klub yang ikut dalam musim perdana Liga Primer Inggris:
Arsenal, Aston Villa, Blackburn Rovers, Chelsea, Coventry City, Crystal Palace, Everton, Ipswich Town, Leeds United, Liverpool, Manchester City, Manchester United , Middlesbrough, Norwich City, Nottingham Forest, Oldham Athletic, Queens Park Rangers, Sheffield United, Sheffield Wednesday, Southampton, Tottenham Hotspur, dan Wimbledon.

Djanur Merasa Tidak Layak Lagi Melatih Persib
 


(FIR)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /