Silva: Saya Belum Lihat Pelatih seperti Guardiola

M. Rizky Adhestian    •    13 September 2018 18:28 WIB
manchester city premier league
Silva: Saya Belum Lihat Pelatih seperti Guardiola
David Silva (kiri) dan Pep Guardiola (kanan) (Foto: AFP PHOTO / Lindsey PARNABY)

Manchester: Gelandang Manchester City, David Silva, memberi pujian setinggi langit untuk pelatihnya, Pep Guardiola. Playmaker berkebangsaan Spanyol itu mengaku belum pernah bertemu dengan pelatih sepak bola seperti Guardiola.

Usai menangani Bayern Muenchen selama tiga tahun, Guardiola memutuskan bergabung dengan City pada 2016. Meski belum mengahsilkan apa pun pada musim pertamanya, eks pelatih Barcelona itu mampu menyulap The Citizens menjadi salah satu tim paling menakutkan di Eropa pada musim keduanya, yaitu musim 2017 -- 2018.

Musim lalu, City memenangkan titel Liga Primer Inggris serta Piala Liga. Tidak sampai di situ, penghuni Etihad Stadium juga memecahkan rekor raihan poin dan kemenangan terbanyak dalam satu musim Liga Primer Inggris sepanjang sejarah.

Baca: Shaqiri Tuntut Liverpool Mencontoh Muenchen

Silva yang juga merupakan wakil kapten tim, merasa tangan digin Guardiola berperan secara masif dalam kesuksesan City. Pelatih berkepala plontos itu dinilai sangat memperhatikan secara teliti seluruh sektor mulai dari kiper hingga striker.

"Pep Guardiola melihat sesuatu sebelum sesuatu itu terjadi dan itu sebuah kelebihan. Kelebihan yang sangat masif. Anda langsung mengerti ketika ia menjelaskan sesuatu, saya belum pernah lihat yang seperti itu sebelumnya," kata Silva kepada BBC Sport.

"Dulu, beberapa pelatih saya lebih terfokus pada serangan, dan yang lainnya pada pertahanan. Tapi, dia fokus pada seluruh lapangan. Dia adalah seorang jenius sepak bola," lanjut dia.

Guardiola juga menjadi dalang di balik transfer pemain-pemain kelas dunia yang kini bermain di City. Di antaranya adalah Ederson Moraes, Benjamin Mendy, Kyle Walker, Bernardo Silva, Danilo dan Riyad Mahrez.




(ASM)


Video /