Steven Gerrard Pensiun

Steven Gerrard dalam Angka

Krisna Octavianus    •    24 November 2016 21:15 WIB
steven gerrard
Steven Gerrard dalam Angka
Steven Gerrard (Foto: OLI SCARFF/AFP)

Metrotvnews.com, Liverpool: Legenda Liverpool Steven Gerrard akhirnya memutuskan gantung sepatu dari sepak bola profesional, Kamis 24 November. 19 tahun berkarier, banyak catatan menarik yang berhasil ditorehkan pemain yang menjadi kapten The Reds pada 2003 sampai 2015 ini.

Dalam 19 tahun berkarier sebagai pesepak bola, Gerrard tercatat hanya membela dua klub, yakni Liverpool dan LA Galaxy. Ia juga menjadi langganan tim nasional Inggris sejak 2000--2014. Bahkan, sempat menjadi kapten The Three Lions pada 2010 sampai menyatakan pensiun dari dunia sepak bola internasional selepas Piala Dunia 2014.

Selama 19 tahun menjadi pesepak bola, ia berhasil mengumpulkan sembilan trofi, termasuk gelar Liga Champions bersejarah pada 2005 saat mengalahkan AC Milan di Istanbul. Akan tetapi, ia menjadi pemain yang kurang beruntung dalam hal gelar Liga Primer Inggris. Ia belum pernah sekalipun mencicipi gelar tersebut.

Gerrard mengawali karier di Liverpool pada 1998 dan melakoni debut pada 29 November saat menggantikan Vegard Heggem. Gol pertama untuk Liverpool ia ciptakan pada 5 Desember 1999 saat menghadapi Sheffield Wednesday di Anfield.


(Gol perdana Gerrard untuk Liverpool)

Namun, karier Gerrard tak melulu soal cerita manis. Ia juga pernah mengalami kejadian yang tak enak. Salah satu yang paling diingat ketika ia terpeleset saat melawan Chelsea. Terpelesetnya ia membuat The Blues unggul lewat Demba Ba dan kemudian kalah. Padahal, mereka butuh poin karena sedang dalam perburuan gelar juara Liga Primer Inggris.

Gerrard akan terus dikenang sebagai pemain yang sangat penting bagi Liverpool era 2000-an awal. Untuk mengenang aksi pria berusia 36 tahun itu, Metrotvnews.com sudah merangkum jumlah torehan manis sang pemain selama berkarier sebagai pemain profesional.

Berikut catatannya:

5- Gerrard berhasil mencetak lima gol di Old Trafford. Itu menjadi yang terbanyak di antara pemain lain yang pernah bermain di sana melawan Manchester United.

4- Tidak ada pemain dalam sejarah Liga Primer Inggris yang mencetak lebih banyak gol kemenangan pada menit ke-90 dibanding Gerrard.

114- Jumlah caps Steven Gerrard bersama timnas Inggris; Ia hanya kalah dari tiga pemain yakni dari David Beckham, Wayne Rooney, dan Peter Shilton.

1- Steven Gerrard adalah satu-satunya pemain yang berhasil mencetak gol di final Piala FA, Piala Liga, Liga Champions, dan Piala UEFA.

212- Keterlibatan Gerrard dalam gol untuk Liverpool. 120 gol dan 92 assist.

9- Jumlah trofi yang berhasil ia raih. Termasuk masing-masing satu Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala UEFA (Liga Europa).

53- Jumlah deretan gelar pribadi Gerrard selama 19 tahun menjadi pesepak bola.

 


(KRS)

Video /