20 Tahun Arsene Wenger

Wenger dan 20 Tahun Warisannya di Arsenal

Achmad Firdaus    •    12 Oktober 2016 18:46 WIB
arsenal 2016--2017
Wenger dan 20 Tahun Warisannya di Arsenal
Foto: Arsene Wenger (Foto: AFP PHOTO / Lindsey PARNABY)

Metrotvnews.com, London: Arsene Wenger sudah 20 tahun mengabdi untuk Arsenal. Selama dua dekade, pria Prancis tersebut sukses membawa Arsenal meraup berbagai kesuksesan.

Sejak ditunjuk sebagai pelatih Arsenal pada 22 September 1996, Wenger sukses membuat fondasi klub yang kokoh. Dengan gaya menyerang yang khas, Wenger sukses membawa Arsenal merebut tiga gelar Liga Primer Inggris dan masing-masing 6 trofi Piala FA dan Community Shield.

Wenger jugalah yang menjadi otak di balik terciptanya skuat "The Invincible" Arsenal yang tidak terkalahkan dalam 49 laga secara beruntun pada 2002 hingga 2004. Para pemain seperti Thierry Henry, Robert Pires, Gilberto Silva, dan Patrick Vieira merupakan beberapa contoh pemain yang meroket kariernya di bawah arahan Wenger.

Namun, era keemasan Wenger dan Arsenal perlahan mulai pudar. Sejak terakhir kali menjuarai Liga Primer musim 2003--2004, Wenger baru menambah dua gelar; Piala FA 2014--2015 dan FA Community Shield 2015.
 

Baca: Ada Kemungkinan Wenger Tinggalkan Arsenal Tahun Depan


Takhta sang profesor pun mulai goyah. Gelombang kritikan fan mulai sering terdengar di Stadion, terutama ketika The Gunners meraih hasil minor.

Banyak kalangan memprediksi, pengabdian Wenger sejak Arsenal masih bermarkas di Highbury hingga kini di Emirates Stadium akan segera berakhir. Apalagi, kontraknya akan kedaluwarsa pada akhir musim ini.

Wenger sendiri tidak terlalu menghiraukan berbagai gosip tentang dirinya. Ia hanya menegaskan bahwa ia telah memberikan warisan berharga yang akan sangat berguna buat penerusnya nanti.

"Saya lebih suka berpikir bahwa klub (Arsenal) sekarang  berada di level yang berbeda dari ketika saya datang di sini. Begitu juga ketika saya pergi, saya telah meninggalkan warisan tim yang secara finansial bagus, serta struktur yang kuat," ujar Wenger.
 

Baca juga: Wasit asal Manchester akan Pimpin Laga Liverpool vs Man United


"Kebanggaan saya adalah ketika melihat seseorang yang menggantikan saya bisa melakukan yang lebih baik. Tapi paling tidak, dia sudah berada di posisi untuk melakukan hal yang lebih baik. Menurut saya, ini adalah warisan yang penting," lanjutnya.

Musim ini, Arsenal arahan Wenger tampil cukup kompetitif. Mereka belum terkalahkan dari tujuh laga yang telah dilakoni di Liga Primer Inggris dan untuk sementara menduduki peringkat tiga klasemen sementara. Dengan koleksi 16 poin, The Gunners hanya terpaut dua poin dari Manchester City di puncak klasemen.

Di ajang Liga Champions, The Gunners juga berpeluang meneruskan tradisi mereka lolos ke babak 16 besar. Sejauh ini, dari dua laga di fase grup, The Gunners sukses meraih satu kemenangan dan satu imbang sehingga berhak memimpin klasemen sementara Grup A bersama PSG dengan koleksi empat poin.

Infografis 20 tahun Arsene Wenger di Arsenal:


Video: Analisa Ronny Pangemanan Terkait Persaingan di Babak Kualifikasi Piala Dunia 2018
 


(ACF)

Tiga Pemain Indonesia Masuk Skuat Terbaik Semifinal Piala AFF
Indonesia menuju juara Piala AFF 2016

Tiga Pemain Indonesia Masuk Skuat Terbaik Semifinal Piala AFF

8 minutes Ago

Tiga pemain timnas Indonesia masuk dalam skuat terbaik semifinal Piala AFF.…

BERITA LAINNYA
Video /