Pada Hari Ini

1999: Keputusan Tepat Wenger Rekrut Thierry Henry

Krisna Octavianus    •    03 Agustus 2017 08:13 WIB
pada hari ini
1999: Keputusan Tepat Wenger Rekrut Thierry Henry
Thierry Henry saat diperkenalkan kepada publik Arsenal (Foto: tdifh)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelatih Arsenal, Arsene Wenger mengambil keputusan tepat pada 3 Agustus 1999 atau tepat hari ini, 18 tahun yang lalu. Pada hari itu, dia memboyong Thierry Henry yang kemudian menjelma sebagai mesin gol andalan The Gunners.

Henry yang saat itu baru 22 tahun diboyong Wenger ke Highbury Stadium (sebelum pindah ke Emirates Stadium) dari Juventus dengan mahar 11 juta poundsterling (Rp232 miliar). Henry direkrut untuk menggantikan Nicolas Anelka yang dibeli Real Madrid dengan harga 23,5 juta poundsterling.

BACA: Juan Mata Ingin Hapus Kutukan di Piala Super Eropa

Perekrutan ini sempat dicibir lantaran Henry gagal bersinar di Juve karena hanya mencetak tiga gol dari 16 laga. Akan tetapi, Wenger tetap yakin dengan keputusannya.

"Henry adalah striker muda yang akan jadi aset besar bagi Arsenal. Dia punya pengalaman yang bagus baik di level klub maupun internasional dan dia akan memperkuat barisan depan kami," kata Wenger penuh percaya diri.

Wenger sangat percaya dengan Henry karena dia sangat mengenal karakter Henry. Sebelum melatih Arsenal pada 1996, Wenger membawa Henry ke AS Monaco pada 1994. Selama lima musim di Monaco, Henry memang tampil apik dengan membukukan 28 gol dan 37 assist dalam 141 laga. Henry juga membantu Monaco memenangi titel Liga Prancis dan Trophee des Champions 1997.

Keputusan Wenger terbukti tepat. Di bawah asuhannya, Henry tampil sebagai predator ulung di kotak penalti. Pada musim perdananya, Henry sukses mencetak 26 gol dari 47 laga. Sejak saat itu, sosok Henry kemudian jadi pujaan fan Arsenal. Dia termasuk dalam skuat "invincible" Arsenal yang mencatatkan rekor tidak terkalahkan dalam satu musim (2003--2004).

Selama delapan musim bermukim di London Utara, Henry sukses menggelontorkan 226 gol dari 369 laga. Dia sukses meraih berbagai penghargaan individu mulai dari pemain terbaik hingga top skor. Untuk Arsenal, dia memberikan tujuh trofi juara, termasuk dua titel Liga Primer Inggris.

Di pentas Eropa, Henry sempat sukses mengantarkan The Gunners mencetak sejarah dengan menembus final Liga Champions 2005--2006, meski harus kalah dari Barcelona yang kemudian merekrutnya pada 2007.

BACA: Mourinho Merasa Harga Neymar Tidak Mahal

Berkat kontribusi besarnya pada Arsenal, Thierry Henry kemudian dinobatkan sebagai salah satu legenda hidup klub. Sebagai bentuk terima kasih, Arsenal membuatkan patung Henry yang ditempatkan di luar Stadion Emirates, bersanding dengan patung legenda klub lain seperti Herbert Chapman dan Tony Adams. Pembelian Henry hingga kini masih tercatat sebagai keputusan paling sukses yang dibuat Wenger selama menukangi Arsenal. (TDIFH)

 


(KRS)

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho
Liga Champions 2017 -- 2018

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho

1 hour Ago

Conte merasa Mourinho masih sering memperhatikan apa yang terjadi di Chelsea. Untuk itu, ia mem…

BERITA LAINNYA
Video /