Liverpool vs Tottenham

Wasit Kontroversial Angkat Bicara soal Laga Liverpool vs Tottenham

A. Firdaus    •    05 Februari 2018 15:58 WIB
liga inggris
Wasit Kontroversial Angkat Bicara soal Laga Liverpool vs Tottenham
Mark Clattenburg (Foto: AFP)

Liverpool: Pagi ini salah satu laga di Liga Primer Inggris, Liverpool kontra Tottenham Hotspur menjadi buah bibir. Laga yang berlangsung di Anfield itu menuai kontroversi.

The Reds yang menjadi tuan rumah, sempat unggul 2-1 pada menit ke-90+1 melalui Mohamed Salah. Itu adalah gol keduanya di pertandingan tersebut.

Para pendukung Liverpool yang sempat kegirangan, terpaksa dibuat kecewa setelah Harry Kane mencetak gol melalui titik putih ketika laga berjalan di menit ke-90+5. Gol ke-100 Kane itu menandai berakhirnya laga yang berkesudahan 2-2.

Klik di sini: Reaksi Evan Dimas Usai Jalani Debut untuk Selangor

Tendangan penalti itu menjadi puncak kontroversi yang dilakukan wasit Jonathan Moss, karena dianggap telah salah memberikan hadiah penalti kepada Spurs. Pasalnya dari tayangan ulang, tampak Eric Lamela melakukan diving ketika terlihat berduel dengan Virgil van Dijk.

Menilik ke beberapa menit sebelumnya, tepatnya pada menit ke-87, Spurs juga mendapatkan penalti. Untungnya Kane gagal mengeksekusi dengan baik lantaran bola ditepis oleh Loris Karius.

Keputusan memberikan hadiah penalti pertama ini juga menimbulkan kontroversi. Sebab selain melakukan diving, posisi Kane juga offside.

Klik di sini: Juventus tanpa Matuidi Kontra Tottenham

Salah satu wasit ternama liga Inggris, Mark Clattenburg angkat bicara pada pertandingan tersebut. Wasit yang juga sempat membuat sejumlah keputusan kontroversial saat masih bertugas itu punya pandangan terkait kedua penalti yang diberikan Moss itu.

"Pertanyaannya adalah apakah Dejan Lovren sengaja membuat bola lewat sehingga diambil Kane, yang telah berada dalam posisi offside? Masalahnya bukan apakah bola itu menyentuh bek, tapi apakah dia sengaja memainkannya," ujar Clattenburg seperti dilansir 101 great goals.

"Anda dapat membuat argumen bahwa Lovren tidak membuat bola itu lepas. Oleh karena itu Lovren juga berperan atas momen itu," terangnya.

Pada penalti yang kedua, Clattenburg lebih berpendapat kalau posisi Erik Lamela sudah offside, yang akhirnya dianggap dilanggar oleh Virgil van Dijk. Meski wasit Moss sempat mengabaikannya, tapi akhirnya ia menunjuk titik putih setelah berdiskusi dengan hakim garis.


Saat Lamela Offside (Foto: 101 Greatgoals)

"Saat bola disentuh Fernando Llorente dan mengarah ke Erik Lamela, posisi pemain Argentina itu sudah offside," terang Clattenburg.

"Seperti yang telah kita lihat dengan VAR sekarang, offside adalah masalah fakta dan tidak ada manfaat yang diberikan kepada tim yang sedang menyerang. Karena itu, penalti seharusnya tidak diizinkan," tegasnya.

Dengan hasil imbang ini, Liverpool dan Spurs menjauh dari duo Manchester yang berada di posisi pertama dan kedua. The Reds yang berada di posisi ketiga kini mengoleksi 51 poin dan Spurs tertahan di peringkat kelima dengan 49 angka.

Puan Minta Test Event Dioptimalkan untuk Uji Kesiapan Wisma Atlet



(ACF)


Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate
Timnas Inggris

Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate

3 weeks Ago

Adam Lallana merasa Gareth Southgate sudah melakukan keputusan tepat dengan tidak memanggilnya …

BERITA LAINNYA
Video /