Pada Hari Ini

1895: Trofi Piala FA Dicuri dan Tak Pernah Ditemukan

Krisna Octavianus    •    11 September 2017 05:00 WIB
pada hari ini
1895: Trofi Piala FA Dicuri dan Tak Pernah Ditemukan
Trofi Piala FA (Foto: ist)

Metrotvnews.com, Jakarta: Momen mengejutkan sempat terjadi dalam kancah sepak bola Inggris pada 11 September 1895. Ya, tepat pada hari ini atau 122 tahun silam yang lalu, piala yang didambakan tiap klub di Inggris itu hilang diboyong pencuri. Situasinya bahkan sempat semakin gawat, karena pencurinya bersikukuh tak mengembalikan piala tersebut.

Awal terjadinya insiden ditandai dengan terpilihnya Aston Villa sebagai juara Piala FA pada 1895 silam. Saat itu, Villa memastikan diri menjadi juara karena mampu menang tipis atas West Bromwich Albion dengan skor 1-0 pada babak final.

Bangga atas kemenangannya, Villa langsung mencoba membahagiakan para fan dengan menempatkan trofi Piala FA di salah satu toko perlengkapan sepak bola milik penduduk lokal, William Shillcock. Tindakan ini memang sengaja dilakukan agar para fan Villa bisa melihat dari dekat hasil jerih payah yang diperoleh tim idolanya.

Sialnya, baru sehari menginap di toko Shillcock, trofi Piala FA langsung dinyatakan hilang akibat bencana perampokan pada 11 September. Pencurinya diketahui mengambil sejumlah uang, dan juga trofi Piala FA. 

Pihak Villa sempat dikabarkan bakal memaafkan sang pencuri apabila ia mau mengembalikan trofi Piala FA. Namun, hal itu tak pernah terjadi meskipun sudah dibumbui dengan bonus uang tunai sebesar 10 Poundsterling. 

Atas musibah ini, Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) akhirnya menghukum Villa dengan denda sebesar 25 Poundsterling untuk membuat trofi Piala FA yang baru. Trofi anyar itu akhirnya mulai bisa digunakan pada 1910 dan akan langsung dialihkan ke Museum Sepak Bola Nasional jika ada yang ingin melihatnya. 

Pada 1958, mantan kriminal berusia 83 tahun, Harry Burge, sempat mengaku menjadi orang yang paling bertanggung jawab atas pencurian tersebut. Menurutnya, trofi tersebut sempat dilebur untuk dijadikan beberapa keping koin. Namun, terlepas atas pengakuan tersebut, Burge tetap dinyatakan tidak bersalah karena pernyataannya terlontar tanpa bukti yang kuat.

Ajang Piala FA memiliki gengsi tersendiri karena bisa memberikan kesempatan kepada tim-tim kecil untuk unjuk gigi dan berhadapan dengan tim lain yang berasal dari kasta yang lebih tinggi (termasuk Liga Primer Inggris). Event ini sudah digulirkan sejak 1871 dan tercatat sebagai kompetisi resmi tertua di dunia. (tdifh)

 


(KRS)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

2 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /