Wayne Rooney

Momen tak Terlupakan Rooney Bersama MU di Pentas Eropa

A. Firdaus    •    10 Juli 2017 14:24 WIB
liga inggriseverton 2016--2017bursa transfer pemain
Momen tak Terlupakan Rooney Bersama MU di Pentas Eropa
Wayne Rooney (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Karier Wayne Rooney bersama Manchester United berakhir pada Minggu 9 Juli 2017. Pemain yang karib disapa Wazza itu mengakhiri masa baktinya bersama Setan Merah selama 13 musim.

Kini, Rooney memulai lembaran baru dengan memilih pulang ke klub masa kecilnya, Everton. Menyusul susahnya mendapatkan kesempatan bermain dengan di Old Trafford.

Rooney terikat kontrak selama dua tahun bersama Everton. Sayang, The Toffees tak membeberkan biaya yang mereka keluarkan untuk memboyong pemain 31 tahun tersebut.

Klik di sini: Nasihat Ancelotti kepada Conte: Beli Banyak Pemain

Terlepas dari proses transfernya, selama 13 tahun berkarier bersama United, Rooney punya beberapa momen menarik ketika ia tampil di pentas Eropa.

Bersamaan dengan itu, UEFA punya rekaman catatan pertandingan yang dijalani Rooney, baik itu di kancah Liga Champions, maupun di ajang Liga Europa.

- United 6-2 Fenerbahce, Debut Brilian Rooney di Liga Champions
Hengkang dari Everton saat berusia 18 tahun pada musim panas 2004, Wayne Rooney bergabung dengan United dengan catatan rekor sebagai pemain muda termahal, yaitu 29,6 juta Euro.

Sempat diragukan, Rooney langsung memberi jawaban. Ia memulai debut brilian di Liga Champions dengan menghadapi Fenerbahce di Old Trafford. Tak tanggung, tanggung dalam debutnya itu ia mencetak hattrick ke gawang Fenerbahce yang kala itu dikawal Rustu Recber.

-United 1-1 Chelsea (menang adu penalti 6-5), Final Tersukses Rooney
Rooney telah mencapai tiga kali Final Liga Champions dan memiliki kontribusi tertinggi pada musim 2011. Ia mencetak gol penyeimbang sebelum akhirnya takluk 3-1 di final oleh Barcelona.

Namun tiga musim sebelumnya, Rooney mencapai karier terbaiknya. Meski tidak mencetak gol, ia berhasil membantu Setan Merah memenangi gelar Liga Champions usai mengalahkan Chelsea via adu penalti.

-Milan 2-3 United, Rooney Inspirasikan Comeback United saat Permalukan Rossoneri
Sempat tertinggal oleh gol cepat Ronaldinho pada menit ketiga, dua gol Rooney melengkapi skor 3-2 untuk United ketika bermain di San Siro. Itu merupakan pertemuan pertama keduanya pada babak 16 besar Liga Champions 2009--2010.

Klik di sini: Bercita-cita jadi Ronaldo, Gadis Cilik Ini Tampil Kompetitif di IJSL 2017

Pada leg kedua, Rooney seakan menjadi sosok antagonis buat klub berjuluk Rossoneri tersebut. Pasalnya dia kembali mencetak gol dalam kemenangan 4-0 Setan Merah terhadap Milan dan membuat Rossoneri tersingkir dengan agregat 2-7.

-Leverkusen 0-5 United, Antar United Lolos ke Fase Knock Out
Tak ada gol yang dicetak pemain kelahiran Croxeth, Liverpool ini, tapi salah satu assist-nya menginspirasi kemenangan United 5-0 atas tuan rumah Leverkusen pada 27 November 20013.

Setelah pertandingan itu Rooney berujar: "Kami bermain dengan kekuatan, kecepatan, dan ketenangan, jadi itu benar-benar performa bagus seperti yang bisa Anda lihat," kata striker Inggris itu.

-United 4-0 Feyenoord, Top Skorer Sepanjang Masa MU
Rooney belum selesai. Ya, penampilan yang minim membuat ia termotivasi untuk tampil baik di kala ada kesempatan bermain.

Hal itu ia tunjukkan ketika mencetak gol ke gawang Feyenoord dalam fase grup Liga Europa 29 November 2016. Golnya ke gawang klub asal Eredivisie itu membuatnya menjadi pencetak gol sepanjang sejarah Setan Merah.

Legenda Timnas Meksiko dan Jerman Reuni
 


(ASM)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

2 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /