Crystal Palace vs Manchester United

United Menang Dramatis di Markas Palace

Patrick Pinaria    •    06 Maret 2018 06:26 WIB
liga inggris
United Menang Dramatis di Markas Palace
Nemanja Matic (kanan) membawa Manchester United menang atas Palace berkat golnya pada masa injury time (Foto: AFP/Glyn Kirk)

London: Manchester United harus bersusah payah meraih kemenangan di markas Crystal Palace pada pekan ke-29 Liga Primer Inggris 2017--2018, Selasa 6 Maret. Sempat tertinggal dua gol, Red Devils akhirnya mampu mempermalukan Palace dengan skor 3-2.

United sejatinya tampil dominan pada laga yang digelar di Stadion Selhust Park tersebut. Statistik mencatat tim besutan Jose Mourinho itu bermain dengan penguasaan bola sebanyak 69 persen.

Dalam hal agresivitas, United juga lebih unggul ketimbang Palace. Buktinya, Setan Merah mampu menciptakan delapan tembakan mengarah ke gawang sepanjang pertandingan. Sedangkan tuan rumah hanya menciptakan empat tembakan mengarah ke gawang.

Meski mampu mendominasi pertandingan, United sempat tampil buruk pada babak pertama. Sebaliknya, tuan rumah tampil agresif yang membuat lini pertahanan United kelimpungan.

Bahkan, Palace berhasil membuka skor lewat gol Andros Townsend pada menit ke-11. Mendapat umpan Christian Benteke, gelandang asal Inggris tersebut melepaskan tembakan satu sentuhan yang meluncur deras ke sudut kanan gawang.

Gol tersebut membuat para pemain Palace semakin percaya diri. Mereka terus memberikan tekanan kepada United, meski kalah dalam penguasaan bola.

Pada menit ke-32, Towsend kembali mengancam gawang United. Ketika itu, ia melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Beruntung, bola masih melambung dari mistar gawang.

Baca: Jadwal Liga Molor, Menpora Tunggu Klub Lapor

United mencoba untuk meningkatkan agresivitas mereka. Alhasil, mereka membuat ancaman lewat Jesse Lingard dengan tendangan kerasnya pada menit ke-40. Tetapi, bola gagal menemui sasaran yang tepat.

Hingga turun minum, tidak ada gol tambahan diciptakan kedua tim. Palace unggul dengan skor 1-0.

Pelatih United Jose Mourinho tampak tidak puas melihat performa lini depan timnya pada babak pertama. Ia pun langsung memutuskan untuk memasukkan Marcus Rashford untuk menggantikan Scott McTominay pada awal babak kedua, guna meningkatkan daya gedor United.

Apes bagi United. Alih-alih bakal menyamakan kedudukan, Red Devils justru harus kebobolan kembali. Tepatnya pada menit ke-48, gawang kiper United David De Gea berhasil ditembus oleh Patrick Van Aanholt berkat tembakan kencangnya.

Meski tertinggal dua gol, United tidak langsung patah semangat. Mereka mencoba untuk bangkit dan meningkatkan tempo permainan mereka. Alhasil, Setan Merah sukses memperkecil ketinggalan lewat gol Chris Smalling pada menit ke-55.

Antonio Valencia menjadi kreator dari gol tersebut. Pemain asal Kolombia tersebut melepaskan umpan silang yang akhirnya berhasil diteruskan Smalling dengan tandukannya yang mengarah ke sudut kanan gawang.

United mencoba untuk tampil lebih agresif. Pada menit ke-66, United mendapat kans lewat Pogba. Namun, tembakan kencangnya masih bisa diselamatkan kiper Palace Wayne Hennessey.

Mourinho tampak masih kurang puas melihat performa United. Ia pun langsung melakukan dua pergantian pada menit ke-67. Ketika itu, ia memasukkan Juan Mata dan Luke Shaw untuk menggantikan Antonio Valencia dan Ashley Young.

Baca: Fiorentina Umumkan Tanggal Upacara Pemakaman Astori

Keputusan Mourinho memasukkan kedua pemain tersebut terbilang tepat. Kehadiran Mata dan Shaw membuat permainan United semakin agresif.

United akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-76. Gol tersebut dicetak Romelu Lukaku yang sukses melepaskan tembakan kencang ke kanan gawang.

United semakin tampil agresif. Sejumlah peluang mereka ciptakan. Namun, tidak ada gol yang diciptakan hingga menit ke-90.

Publik Selhust Park mendadak terdiam pada masa injury time. Sebab, saat itu, mereka harus melihat tim kesayangannya kebobolan dengan gol gelandang United Nemanja Matic hang sukses melepaskan tembakan voli ke pojok kiri gawang.

Gol tersebut sekaligus menjadi gol terakhir pada laga tersebut. Hingga laga usai, United berhasil memastikan kemenangan dengan skor 3-2.

Dengan hasil ini, United berhasil merebut posisi kedua kembali dari Liverpool sekaligus memangkas jarak dengan Manchester City yang berada di puncak klasemen. Dengan mengoleksi 62 poin, United kini terpaut 16 poin dari City.

Sementara itu, kekalahan membuat Palace gagal keluar dari zona degradasi. Mereka masih bertengger di posisi ke-18 klasemen dengan mengoleksi 27 poin.


Susunan pemain:

Crystal Palace: Hennessey, Tomkins, Kelly, Van Aanholt, Schlupp, McArthur, Townsend, Milivojevic, Wan-Bissaka, Benteke, Sorloth.

Manchester United: De Gea, Valencia, Smalling, Lindelof, Young, Matic, Pogba, Lingard, McTominay, Sanchez, Lukaku.


Video: Menpora Ingin Klub Bersikap Tegas soal Jadwal Liga 1 2018

 


(PAT)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

2 days Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /